Miris Lihat Perawat Memakai Jas Hujan Tangani Pasien Positif Corona, APD Mana APD?

Senyumperawat.com – Dalam upaya melawan wabah Virus Corona (Covid-19), banyak cara dilakukan. Salah satunya untuk melindungi diri dari resiko infeksi, para perawat pun berpikir kreatif. Tersebar di media sosial bagaimana para perawat memakai jas hujan saat menangani pasien. Kurangnya alat pelindung diri (APD) menjadi alasan dilakukannya alternatif solusi sedemikian rupa.

Perawat Puskesmas Leuwiliang, Atih Dujarsih menyatakan ada 12 orang dalam pemantauan (ODP) di wilayahnya. Walau dalam kondisi serba terbatas khususnya APD, para perawat tetap menjalankan tugasnya. Selain 12 ODP, ada juga 1 orang pasien dalam pengawasan (PDP).

“Satu sisi melayani, satu sisi ingin sehat. Apapun keadaannya, apapun bahan yang ada, yang penting petugas terlindungi,” kata Atih seperti dikabarkan oleh cnn.

Meskipun para perawat memakai jas hujan saat merawat, itu tidak menghalangi rasa tanggung jawab pada tugas.

Data terbaru pasien positif Corona meningkat

Data terbaru Pemerintah Kota Bogor, per Senin (23/3) pukul 11.00 WIB, terjadi peningkatan jumlah pasien yang terkonfirmasi positif corona.

Baca juga: Rincian Insentif Tenaga Medis yang Menangani Kasus Corona, Perawat & Bidan Rp7,5 Juta

Disebutkan sebanyak tujuh orang terkonfirmasi positif corona, satu di antaranya meninggal dunia. Selain itu, jumlah ODP di Kota Bogor sebanyak 245 orang serta jumlah PDP sejumlah 8 orang.

Pemkot Bogor telah menyatakan Kota Bogor dalam situasi kejadian luar biasa (KLB) kasus Covid-19. Wali Kota Bogor Bima Arya turut dinyatakan positif pada Kamis (19/3) setelah menjalani tes pada Selasa (17/3).

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyebut pemerintah telah mendatangkan sekitar 105 ribu APD yang dibutuhkan tenaga medis di beberapa rumah sakit di Indonesia menghadapi pasien pandemi corona.

“Sudah didistribusikan ke seluruh RS di Tanah Air,” kata Presiden Jokowi usai meninjau persiapan RS Darurat Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (23/3).

Dengan rincian penyaluran APD sebanyak 40 ribu unit APD telah disalurkan menuju Balai Kota DKI Jakarta dengan pengawalan dari Kodam Jaya, 25 ribu unit APD diterbangkan menuju Semarang, DI Yogyakarta, Surabaya dan Bali. Kemudian ada 25 ribu unit APD didistribusikan untuk wilayah Jawa Barat, Bogor dan Banten. Sedangkan 10 ribu unit APD akan disimpan sebagai cadangan.

Baca juga: Resiko Tinggi Terinfeksi Corona, Perawat Harus Bisa Jaga Diri

Sementara itu, jumlah pasien positif Covid-19 bertambah 64 orang sehingga total pasien menjadi 514 pada Minggu (22/3). Korban meninggal pun bertambah menjadi 48 orang dan jumlah pasien yang dinyatakan sembuh juga menjadi 29 orang.

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Leave a Reply

Tinggalkan Komentar

  Subscribe  
Notify of
Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker