6 Tips Kesehatan Saat Ibadah Haji 2020

Senyumperawat.com – Pemerintah Arab Saudi sedang berbenah untuk mensterilkan area Kakbah. Hal ini sudah dilakukan beberapa hari terakhir. Sejak mencuatnya virus Corona (Covid19), tindakan ini diupayakan untuk mencegah penularan virus antar jama’ah yang umroh. Terlebih untuk musim haji 2020 yang tidak lama lagi akan berlangsung. Persiapan demi persiapan tengah dilakukan untuk kebaikan bersama. Sebagai calon jama’ah haji asal Indonesia, sebaiknya Anda juga mempersiapkan diri dengan mencari literatur yang membahas tips kesehatan saat ibadah haji 2020 nantinya.

Menjaga kondisi saat beribadah sangatlah ditekankan. Selain untuk meningkatkan kualitas ibadah, kesehatan juga menjadi penentu lancar atau tidaknya proses ibadah haji para jama’ah. Mengingat Arab Saudi secara umum berbeda sekali cuacanya dengan Indonesia.

Masalah kesehatan yang kerap muncul saat ibadah haji

Calon jama’ah haji Indonesia tidak sedikit yang masuk kategori berusia lanjut. Petugas medis tentu sangat perlu dilatih mengatasi problematika kesehatan para Lansia ini. Tidak hanya yang Lansia, yang masih muda pun kadang kurang bisa beradaptasi dengan cuaca ekstrim di sana. Terkadang panasnya akan terasa sangat terik sehingga berpotensi mempengaruhi kondisi cairan tubuh.

Masalah kesehatan yang sering terjadi selama ibadah haji adalah

  1. Dehidrasi
  2. Sun stroke,
  3. Masalah sistem pernapasan,
  4. Hepatitis B dan C,
  5. Meningitis,
  6. Dan lainnya.

Maka tidak salah jika dalam proses manasik haji, kondisi kesehatan jama’ah harus sangat diperhatikan. Termasuk dengan menyampaikan tips kesehatan saat ibadah haji berlangsung.

6 tips kesehatan saat ibadah haji

Tidak sedikit bukan masalah kesehatan yang mungkin muncul saat ibadah haji. Semua itu perlu perhatian mendalam karena cuaca ekstrim terkadang melanda. Yuk simak tips kesehatan saat ibadah haji berikut ini:

1. Istirahat yang cukup

Tubuh yang kelelahan akan membuat imunitasnya berkurang. Kondisi di sana amatlah penuh dengan manusia dari berbagai negara. Dalam kondisi tertentu, bukan tidak mungkin ada salah satu di antaranya yang memiliki masalah kesehatan. Ketika Anda berinteraksi dengannya sedangkan kondisi tubuh Anda kelelahan, maka akan berpotensi tinggi tertular. Ibadah memang tak boleh menyiakan waktu, tapi bukan berarti melalaikan untuk beristirahat. Istirahatlah yang cukup agar ibadah makin berkualitas dan kondisi tubuh juga terjaga.

2. Jaga asupan nutrisi

Agar tetap sehat untuk ibadah haji, jangan lupa makan yang teratur. Makanan yang bernutrisi akan sangat membantu agar ibadah haji lancar. Makanan yang mengandung protein tinggi akan sangat dianjurkan dalam kondisi seperti itu. Makanan berprotein tinggi akan disediakan oleh petugas haji Indonesia yang telah ditunjuk. Protein tersebut bisa diperoleh dari telur, daging, ikan, kacang-kacangan, produk kedelai, yogurt, dan keju.

3. Jangan sampai dehirasi saat ibadah haji

Air zam-zam memang sangat melimpah di sana. Oleh karenanya, Anda jangan sungkan untuk meminumnya. Dehidrasi dapat membuat Anda kehilangan tenaga, pusing, dan otot jadi lemah. Anda akan mendapati beberapa jama’ah sampai menyiramkan air ke atas kepala mereka karena terlampau panasnya. Meskipun sudah disiram pun, terkadang hanya beberapa menit sudah kering lagi. Maka begitulah gambarannya kondisi tubuh kita ketika tidak menjaga kondisi cairan tubuh. Minumlah setidaknya jangan sampai kurang dari 2 liter saat ibadah haji. Bahkan minum lebih dari itu akan jauh lebih baik untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

4. Konsumsi vitamin C

Vitamin C dapat memberikan proteksi terhadap bahaya radikal bebas. Anda bisa mendapatkan vitamin C ini dari brokoli, stroberi, tomat, kiwi, paprika, dan jeruk.

5. Jaga pola makan

Ibadah tanpa makanan akan terganggu, tapi kalau kelebihan makan juga akan terganggu. Anda harus bisa menakar dengan baik batasan tubuh Anda sendiri. Jangan sampai makan berlebihan dan jangan sampai kekurangan.

6. Menjaga kebersihan

Penularan penyakit bisa dari mana saja, termasuk dari benda ke tangan kita. Maka itu, tips sehat yang perlu dijalani selama ibadah haji dengan menjaga kebersihan diri. Jangan lupa untuk cuci tangan setiap sebelum menyiapkan makanan dan makan.

Demikian sekilas tentang tips agar ibadah Haji Anda berjalan lancar. Berangkat dalam kondisi sehat dan pulang dalam kondisi sehat serta mabrur.

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Leave a Reply

Tinggalkan Komentar

  Subscribe  
Notify of
Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker