Model Kepemimpinan Keperawatan Berbasis Islam Pengaruhi Kepuasan Kerja Perawat

Model Kepemimpinan Keperawatan Berbasis Islam Pengaruhi Kepuasan Kerja Perawat
Perawat muslimah di provinsi Sulu, Filipina (Foto: Globalgiving.org)

Senyumperawat.com – Sebuah riset yang akhirnya berhasil dipertahankan di hadapan dewan penguji promosi doktoral Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI). Judul disertasi ini berkenaan dengan model kepemimpinan keperawatan berbasis Islam dengan kepuasan kinerja perawat. Disertasi ini disusun oleh Ita Yuanita.

Sidang ini diketuai oleh Dekan FIK UI, Agus Setiawan, S.Kp., M.N., D.N.. Promotor Agung Waluyo, S.Kp., M.Sc., Ph.D. Ko-Promotor I Prof. Dr. Masykuri Abdillah, M.A. Ko-Promotor II dDr. Mustikasari, S.Kp., MARS seperti dikutip dari laman resmi Fakultas Keperawatan UI.

Muat Lebih

Disertasi berjudul “Efektivitas Model Kepemimpinan Keperawatan Berbasis Spiritual Islam terhadap Kepuasan Kerja Perawat Pelaksana Rumah Sakit di Tangerang dan Depok” ini diuji oleh:

  1. Dr. Enie Novieastari, S.Kp., M.S.N,
  2. Dr. Tri Kurniati, S.Kp., M.Kep,
  3. Dr. Krisna Yetty, S.Kp., M.App.Sc,
  4. Dr Besral., SKM., M.Sc.

Model Kepemimpinan Keperawatan Berbasis Islam

Isu kepuasan kerja perawat pelaksana masih menjadi perhatian manajer atau pemimpin keperawatan. Salah satu faktor yang mempunyai hubungan dengan kepuasan kerja perawat pelaksana adalah spiritualitas dan kepemimpinan. Penelitian sebelumnya banyak mengkaji kepemimpinan spiritual secara umum namun belum ada kajian kepemimpinan spiritual dari perspektif Islam.

Berdasarkan hal tersebut perlu dikembangkan model kepemimpinan keperawatan berbasis spiritual Islam yang mempunyai pengaruh terhadap kepuasan kerja perawat pelaksana. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi penerapan kepemimpinan keperawatan yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam serta menemukan model kepemimpinan keperawatan berbasis spiritual Islam yang mempengaruhi kepuasan kerja dan spiritualitas Islam di tempat kerja perawat pelaksana.

Desain penelitian ini menggunakan mixed methods, tahap pertama penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, tahap kedua penelitian dengan desain quasi experiment pre-post test with control group. Sampel penelitian ini adalah perawat pelaksana yang bekerja di dua rumah sakit swasta tipe C sebanyak 102 responden perawat pelaksana.

Perlakuan yang diberikan adalah kepala ruang yang menerapkan model kepemimpinan keperawatan berbasis spiritual Islam. Hasil penelitian tahap pertama ditemukan tujuh tema yaitu mendorong visi hidup Islami, mendorong keyakinan Allah SWT hadir di tempat kerja, mengintegrasikan nilai-nilai keIslaman di tempat kerja, penghargaan di tempat kerja, mengintegrasikan nilai-nilai Islam ke dalam fungsi manajemen keperawatan, dampak kepemimpinan spiritual Islam dan pelayanan keperawatan Islami.

Hasil penelitian tahap dua adalah model kepemimpinan keperawatan berbasis spiritual Islam mempunyai pengaruh terhadap kepuasan kerja perawat (nilai p <0,05) dan efeknya cukup besar terhadap kepuasan kerja perawat di tempat kerja (nilai eta square 0,06). Rekomendasi bagi pelayanan keperawatan, model kepemimpinan keperawatan berbasis spiritual Islam dapat diterapkan oleh kepala ruangan dalam mendorong kepuasan kerja staf.

Pos terkait

Leave a Reply

Tinggalkan Komentar

  Subscribe  
Notify of