Manfaat Hebat Jus Tomat Untuk Olahraga

Manfaat Hebat Jus Tomat Untuk Olahraga

Senyumperawat.com – Anda seorang yang begitu gemar berolahraga? Minuman ini tentunya bisa mendampingi semangat Anda agar terus on. Manfaat hebat jus tomat akan membuat olahraga Anda lebih optimal jika dikonsumsi secara teratur. Pasalnya, jus tomat memberikan efek yang baik. Di antaranya adalah bisa mengurangi rasa nyeri pasca olahraga.

Terkadang, olahraga menyisakan rasa nyeri atau tidak nyaman pada tubuh untuk jangka waktu tertentu. Di sinilah, produk herbal yang namanya jus tomat dapat membantu.

Manfaat hebat jus tomat untuk olahraga

Dilansir dari Very Well Fit, hasil penelitian klinis menunjukkan bahwa minum jus tomat sebelum berolahraga dapat mengurangi rasa sakit dan kelelahan, dan berpotensi meningkatkan performa atlet.

Tomat dan jus tomat mengandung nutrisi super. Jenis sayuran ini diketahui kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan likopen.

Likopen juga terbukti dapat meningkatkan performa atletik, sekaligus menaikkan kesehatan dan kebugaran tubuh secara keseluruhan. Minum jus tomat sebelum berolahraga juga dikatakan dapat mengurangi kadar kimia berbahaya akibat dari stres oksidatif (kerusakan pembuluh darah dan organ tubuh akibat gerakan radikal bebas yang labil dan tak terkendali).

Olahraga yang intensitasnya tinggi dapat meningkatkan level oksigen (stres oksidatif) dan bahan kimia lainnya yang berpotensi merusak jaringan otot, sel, bahkan DNA. Antioksidan- khususnya likopen – telah terbukti dapat mengurangi peradangan akibat reaksi kimia secara signifikan.

Macam-macam manfaat buah tomat

Selain untuk diminum sebelum olahraga, konsumsi jus tomat secara rutin juga dapat membantu:

  1. Melindungi diri dari penyakit jantung. Likopen dapat mengurangi biomarker kimia seperti homosistein, untuk menurunkan risiko penyakit jantung koroner.
  2. Melawan kanker. Jus tomat mengandung likopen dan karotenoid lainnya. Kandungan tersebut dapat mengecilkan risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker payudara, kanker prostat, dan kanker paru.
  3. Meredakan inflamasi. Penelitian menemukan bahwa konsumsi jus tomat paling tidak segelas sehari dapat secara signifikan mengurangi inflamasi atau peradangan akibat kimia. Kesehatan tubuh meningkat, risiko terkena kanker pun berkurang.
  4. Detoksifikasi. Jus tomat adalah detoks alami yang dimaksudkan untuk membuang racun berbahaya dari dalam tubuh. Jus tomat juga diperkaya senyawa klorin dan sulfur, yang terbukti dapat meningkatkan organ hati dan fungsi ginjal untuk mengeluarkan racun dari tubuh.
  5. Meningkatkan kesehatan mata. Jus tomat beta karoten, lutein, dan zeaxanthin. Ketiga fitonutrien tersebut dapat mempromosikan kesehatan mata, sekaligus menurunkan risiko degenerasi.
  6. Meningkatkan kerja saluran cerna. Jus tomat juga terbukti bisa memperbaiki fungsi lever untuk pencernaan yang lebih baik, menstimulasi pergerakan usus besar, serta mempromosikan kesehatan usus.

Pos terkait

Leave a Reply

Tinggalkan Komentar

  Subscribe  
Notify of