Gagal Pasang Infus Berkali-Kali, Gimana Biar Percaya Diri Lagi?

Gagal Pasang Infus Berkali-Kali Cara Meningkatkan Percaya Diri Walau
Foto: haymsalomonhome.com

Senyumperawat.com – Memasang infus merupakan salah satu keahlian dasar yang mesti dikuasai oleh seorang perawat. Namun, memang untuk menguasai cara memasang infus dengan sesuai SOP (Standar Operasional Prosedur) ini tidaklah mudah. Diperlukan latihan berkali-kali hingga tangan tak lagi gemetar saat memegang jarum infus. Terlebih lagi terkadang seorang perawat turun percaya dirinya kala gagal memasang pada pasien. Lalu, bagaimana kira-kira cara meningkatkan rasa percaya diri itu ketika gagal pasang infus berkali-kali?

Gagal saat memasang infus adalah hal yang biasa bagi pemula. Seperti halnya seorang anak kecil yang sedang belajar naik sepeda. Ia akan mengalami jatuh-bangun berkali-kali. Seperti halnya pula seorang yang sedang berenang. Kadang ia harus menelan air kolam berkali-kali baru bisa.

Problemnya adalah ini berbeda kondisi. Memasang infus berkaitan dengan nyawa orang lain. Terkadang, ketika kita sudah mencoba memasang infus itu kepada pasien, ternyata pasien marah karena gagal terus. Bahkan terkadang gara-gara itu, keluarga pasien ada yang menyindir dengan mengatakan “Bisa gak sih masangnya?”.

Di situ kepercayaan diri terkadang langsung turun drastis. Tadinya sudah sangat yakin bisa lalu kemudian karena kejadian seperti itu lalu trauma.

Cara meningkatkan percaya diri setelah gagal pasang infus

Pertama yang perlu dilakukan adalah meyakinkan diri kita bahwa itu bagian dari resiko dari pekerjaan. Ketika kita sudah yakin bahwasanya resikonya memang tidak mudah ya kita akan lebih bisa menerima apa pun kritiknya. Membiasakan diri menerima kritik itu bagian sebagian orang terasa sulit karena jarang dikritik. Tapi ketika kita sudah membiasakan diri dengan itu, lama-lama tiap kritikan itu akan kita anggap sebagai salah satu guru yang berharga. Sebab, dari kritik itulah nanti kita akan bangkit untuk memperbaiki kesalahan yang ada.

Kedua jangan sekali-kali menyalahkan diri secara berlebihan. Hal ini justru akan semakin menjatuhkan rasa percaya diri. Yakinkan diri kita bahwa jika orang lain mampu tentu kita juga mampu. Soal berapa kita akan mampu tentu akan berbeda dengan orang lain. Sebab, kemampuan orang itu berbeda-beda. Jangan pernah menyamakan satu orang dengan orang lain soal ini.

Ketiga kita perlu mengoreksi dimana letak kesalahan kita. Penting sekali untuk kita bisa mencermati hal ini. Ingat kembali bagian-bagian yang mungkin terluput saat proses memasang infus itu.

Keempat, lakukanlah observasi kembali dan pelajari teknik lain yang mungkin belum kita pahami. Teknik untuk memasang infus yang paling susah adalah mencari pembuluh darah yang tepat dan merasakan apakah jarum sudah masuk atau belum.

Kelima, latihan lagi dan lagi. Namanya sudah terlanjur gagal pasang infus berkali-kali, otomatis memang perlu latihan yang berkali-kali juga.

Keenam cukup dengan senantiasa berdo’a tingkatkan ibadah untuk menguatkan hati. Terutama dzikir pagi dan petang memiliki banyak manfaat yang salah satunya menenangkan hati. Biar pun mungkin kritik menghampiri, namun jika disikapi dengan ketenangan hati maka bisa sebagai penguat diri.

Mungkin itu yang perlu dilakukan saat gagal pasang infus berkali-kali dan itu membuat kepercayaan diri menurun. Bukan kita saja yang mungkin pernah mengalami hal serupa. Namun pasti ada hikmahnya dalam setiap apa yang terjadi. Senyumin aja dan terus belajar.

Pos terkait

Leave a Reply

Tinggalkan Komentar

  Subscribe  
Notify of