Ingin Menikah Lagi Setelah Bercerai, Bagaimana?

Senyumperawat.com – Seseorang yang sudah bercerai terkadang menyisakan luka tersendiri. Jika perceraian itu dilatarbelakangi oleh sebuah tragedi yang tak mengenakkan. Biasanya akan membekas cukup dalam. Tapi, ketika dirasa sudah menemukan pasangan yang dirasa cocok, tidak ada salahnya juga ada rasa ingin menikah lagi. Khususnya bagi kaum wanita, tentunya jika hadir sosok suami yang bisa menjaga dirinya maka akan lebih meningkatkan rasa aman.

Masalahnya adalah ketika rasa ingin menikah lagi itu kemudian mendapatkan rintangan. Misalkan dari orang tua yang belum merasa cocok dengan kehadiran orang lain lagi dalam keluarga.

Muat Lebih

Dalam kasus yang dijabarkan oleh Ustadz Adi Hidayat di video, di situ orang tua merasa tidak cocok dengan lelaki yang diajukan. Alasan yang disampaikan dalam video tidaklah mengarah pada udzur syar’i. Ini perlu penyikapan yang baik, mengingat terkadang orang tua tidak semuanya sudah mengetahui batasan syar’inya seperti apa.

Di sinilah tugas anak untuk menjelaskan kepada pihak keluarga besar. Kriteria jodoh yang baik tentunya harus mempertimbangkan aspek yang telah Rosulullah jelaskan.

Kriteria jodoh

Dalam menentukan kriteria jodoh, jangan sekali-kali memperturutkan hawa nafsu terlebih dahulu. Perhatikan dulu bagaimana Rosulullah mengajarkan kepada kita soal ini. Beberapa hadits yang begitu akrab kita ketahui antara lain:

Poin pertama tentunya taqwa. Allah berfirman dengan begitu gamblang dalam Al Quran.

Allah Ta’ala berfirman,

إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِندَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ

“Sesungguhnya yang paling mulia di antara kalian adalah yang paling bertaqwa.” (QS. Al Hujurat: 13)

Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam pun menganjurkan memilih istri yang baik agamanya,

تنكح المرأة لأربع: لمالها ولحسبها وجمالها ولدينها، فاظفر بذات الدين تربت يداك

“Wanita biasanya dinikahi karena empat hal: karena hartanya, karena kedudukannya, karena parasnya dan karena agamanya. Maka hendaklah kamu pilih wanita yang bagus agamanya (keislamannya). Kalau tidak demikian, niscaya kamu akan merugi.” (HR. Bukhari-Muslim)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda,

إذا جاءكم من ترضون دينه وخلقه فزوجوه إلا تفعلوه تكن فتنة في الأرض وفساد كبير

“Jika datang kepada kalian seorang lelaki yang kalian ridhai agama dan akhlaknya, maka nikahkanlah ia. Jika tidak, maka akan terjadi fitnah di muka bumi dan kerusakan yang besar.” (HR. Tirmidzi. Al Albani berkata dalam Adh Dho’ifah bahwa hadits ini hasan lighoirihi)

Selebihnya, dijelaskan oleh Ustadz Adi Hidayat dalam video.

Pos terkait