Boleh Atau Tidak Berhubungan Seks Saat Hamil?

Boleh Atau Tidak Berhubungan Seks Saat Hamil

Senyumperawat.com – Berhubungan seks saat hamil pada dasarnya tidak membahayakan. Namun itu dengan syarat tertentu. Misalnya kondisi kandungan dinyatakan aman menurut pemeriksaan dokter. Kemudian, kondisi fisik ibu juga mumpuni untuk melakukan hubungan. Termasuk di antaranya adalah memahami betul kalau istri sedang hamil. Hal ini agar tidak melakukan hubungan terlalu ekstrim sehingga membahayakan janin dalam kandungan.

Janin dalam kandungan dilindungi oleh lapisan yang cukup kuat. Otot rahim mampu menahan goncangan yang terjadi selama berhubungan. Selain itu, cairan ketuban juga secara fisiologis melindungi janin dengan aman.

Muat Lebih

Ada yang bilang kalau berhubungan seks saat hamil bisa menimbulkan efek kelahiran prematur. Hal ini kecil potensinya dengan syarat sebagaimana disebutkan di awal. Pastikan juga Anda tidak memiliki riwayat pernah melahirkan secara prematur sebelumnya. Sebab, itu bisa menjadi salah satu peringatan untuk tidak melakukan hal ini tanpa rekomendasi dari dokter.

Dilarang berhubungan seks saat hamil jika

Beberapa kondisi memang bisa menimbulkan efek samping karena berhubungan. Hal inilah yang perlu Anda antisipasi agar tidak terjadi. Beberapa efek samping yang mungkin muncul bisa berupa perdarahan hingga kelahiran prematur.

Kondisi yang sebaiknya diantisipasi sebelum Anda melakukan hubungan dengan suami antara lain:

  1. Pernah melahirkan prematur sebelumnya
  2. Pernah mengalami keguguran
  3. Kondisi cairan ketuban
  4. Gangguan pada leher rahim (serviks)
  5. Rahim cenderung lemah

Sebagian dokter juga mungkin tidak menyarankan Anda melakukan hubungan seks pada mingu-minggu terakhir kehamilan. Sebab, orgasme dapat memicu keluarnya prostaglandin.

Prostaglandin adalah hormon dalam tubuh yang mengatur ketegangan otot, termasuk kontraksi dan relaksasi otot. Nah, prostaglandin inilah yang diduga dapat memicu kontraksi rahim pada kehamilan trimester tiga.

Tips berhubungan intim saat hamil

Anda perlu memperhatikan cara Anda berhubungan dengan pasangan. Jangan sampai karena terlalu menikmati hingga lupa diri kalau sedang dalam kondisi yang perlu berhati-hati.

Pastikan posisi aman dan nyaman bagi ibu. Terutama bagian perut yang mana nantinya akan berpengaruh juga ke janin jika terasa tidak nyaman.

Jaga kebersihan selama berhubungan. Usahakan mandi terlebih dahulu untuk menjaga kebersihan tersebut. Khususnya di daerah organ intim.

Sediakan minum untuk menjaga agar kebutuhan cairan tercukupi. Selain itu, beristirahatlah ketika merasa lelah. Main santai saja.

Pos terkait

Leave a Reply

Tinggalkan Komentar

  Subscribe  
Notify of