Viral Gambar Paru-Paru Hitam Perokok, Begini Penjelasan Rasionalnya

Viral Gambar Paru-Paru Hitam Perokok, Begini Penjelasan Rasionalnya

Senyumperawat.com – Di sini sudah ada beberapa artikel yang berkaitan dengan hukum merokok. Intinya itu terserah Anda akan mengikuti pendapat yang mana. Mungkin para perokok masih memerlukan banyak waktu untuk bisa mengambil keputusan. Belakangan mulai tersebar lagi gambar paru-paru hitam perokok, itu ternyata cukup menarik perhatian.

Ketika seseorang mengisap asap rokok, ada ribuan partikel kecil yang berbasis karbon masuk ke dalam tubuh. Tubuh akan menyadari bahwa partikel-partikel beracun itu menyerbu dan merangsang sel-sel inflamasi.

Muat Lebih

Salah satu jenis sel darah putih yang disebut makrofag disebut sebagai ‘truk sampah’ dari sistem kekebalan tubuh. Pada dasarnya, makrofag ‘memakan’ partikel beracun yang salah satunya berasal dari asap rokok, proses tersebut disebut fagositosis.

Namun, karena partikel beracun menyerang dalam jumlah banyak dan secara berulang, makrofag pun lumpuh dan menumpuk di paru-paru serta kelenjar getah bening. Sehingga paru-paru pun berubah warna menjadi gelap. Itu cukup rasional untuk menjelaskan soal gambar paru-paru hitam perokok yang beredar.

Lainnya: Faktanya Rokok Itu Haram Bukan Makruh

Selain mengubah warna paru-paru, partikel beracun dari asap rokok juga dapat merusak organ-organ penting di saluran pernapasan. Racun dalam asap rokok seperti akrolein dan formaldehida dapat melumpuhkan silia sehingga tidak dapat menjalankan fungsinya, yaitu menangkap bahan asing masuk ke saluran pernapasan.

Lainnya: Perokok Dicintai Oleh Setan, Ini Buktinya!

Kemudian, racun dalam asap rokok juga merusak struktur terkecil dalam paru-paru yaitu alveoli. Semakin banyak alveoli yang rusak, maka udara yang ada di dalamnya tidak dapat dihembuskan keluar yang kemudian menyebabkan pelebaran dan pecahnya alveoli.

Secara umum, dikutip dari detik health, hal ini akan menyebabkan seseorang kekurangan oksigen atau hipoksia karena tidak terjadinya pertukaran. Mari hidup sehat, ubah kebiasaan buruk masa lalu menuju pola hidup sehat. Penting untuk dimulai saat ini dan dari diri sendiri.

Menghindari racun yang berpotensi merusak tubuh adalah bagian dari pola hidup sehat. Salah satu racun itu sudah kerap diiklankan bersamaan dengan massifnya iklan rokok. Sudah jelas dituliskan “Merokok membunuhmu”, tapi masih saja ada yang mau mengonsumsi.

Pos terkait