Rekrutmen TKHI 2020 Sudah Dimulai

Rekrutmen TKHI 2020 Sudah Dimulai

Senyumperawat.com – Melalui laman resmi Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, telah diterbitkan surat edaran rekrutmen TKHI 2020. TKHI (Tenaga Kesehatan Haji Indonesia) merupakan tim yang dibentuk oleh pemerintah untuk memfasilitasi sarana kesehatan kepada jama’ah haji.

Pelaksanaan Rekrutmen PPIH dan TKHI Tahun 2020 dimulai tanggal 14 Oktober 2019 serentak di seluruh Indonesia. Pendaftaran Online melalui website Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan RI dengan alamat website : www.puskeshaji.kemkes.go.id/rekrutmen.

Muat Lebih

Pendaftaran dibuka bagi PNS, TNI/POLRI dan Pegawai Tetap pada BLUD RS, RS Swasta dan Klinik Swasta. Sedangkan CPNS, PTT/Pegawai Honorer dan Bidan tidak bisa masuk kualifikasi pendaftar TKHI. Peraturan Jenis tenaga dan syarat-syarat sesuai permenkes Nomor 3 Tahun 2018.

Syarat mendaftar TKHI mutlak adalah mendapat ijin/rekomendasi dari Kepala Instansi. Mohon Kepala Instansi dalam memberikan rekomendasi lebih selektif pada pegawai yang mendaftar (maksimal 3 kali berangkat tugas)
Memiliki akun pendaftar (satu orang hanya dapat memiliki satu akun pendaftar) dan berlaku untuk periode tahun berjalan.

Dalam mekanisme rekrutmen TKHI 2020, tidak ada lagi pengiriman berkas pendaftar. Begitu juga untuk surat rekomendasi dari organisasi profesi baik IDI ataupun PPNI, tidak lagi menjadi syarat.

Tahapan rekrutmen TKHI 2020

Tahapan rekrutmen TKHI 2020 menggunakan aplikasi online, agar lengkap dan praktis dan memudahkan semua pihak, pendaftar akan melalui 12 tahapan rekrutmen meliputi:

  1. Pembuatan Akun Pendaftar;
  2. Kelengkapan data elektronik;
  3. Tes Potensi;
  4. Pengambilan Nomor Registrasi (NR);
  5. Seleksi Elektronik;
  6. Nominasi Peserta latih;
  7. Medikal Check Up MCU) dan Pengukuran Kebugaran;
  8. Workshop dan Pelatihan Kompetensi;
  9. Pembekalan Integrasi;
  10. Penetapan;
  11. Penempatan;
  12. Pengerahan/Penugasan

Kelengkapan dokumen asli dan hasil Medical Check Up (MCU) akan diverifikasi pada peserta yang dinyatakan telah lolos seleksi administrasi. Tes MMPI, Pengukuran Kebugaran, Tes NAPZA dan Tes Kompetensi akan dilakukan setelah peserta dinyatakan lolos seleksi administrasi oleh Pusat Kesehatan Haji secara online.

Tahapan dan kelengkapan pendaftaran dapat diunduh di alamat website Pusat Kesehatan Haji kemenkes RI. Informasi lengkap tentang proses Rekrutmen TKHI Tahun 2020 dijelaskan di website Puskeshaji Kementerian Kesehatan RI. Proses rekrutmen TIDAK DIPUNGUT BIAYA (kecuali Medical Check Up/ MCU).

Tahapan rekrutmen secara lengkap dapat disimak dalam postingan di bawah ini:

Pos terkait