PR Menkes Baru, Perbaiki Jasa Medis Hingga Kepastian Hukum Bagi Tenaga Kesehatan

Senyumperawat.com – Menteri Kesehatan untuk periode lima tahun ke depan resmi dijabat oleh Mayjen TNI Dr dr Terawan Agus Putranto, SpRad(K). Ia menggantikan Menkes sebelumnya yaitu Nila F. Moeloek. Selaku Menkes baru, tentunya banyak sekali PR yang mesti diselesaikan.

Resmi dilantik pada Rabu (23/10/2019) oleh Presiden Jokowi, dr Terawan diingatkan soal berbagai pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan. Lembaga Kajian dan Konsultasi Pembangunan Kesehatan (LK2PK) menyebutkan beberapa isu yang harus menjadi prioritas Menkes baru.

“Setidaknya ada beberapa hal yang kami rasa perlu untuk diperhatikan oleh Menteri Kesehatan yang baru. Pertama, menjadikan promotif preventif sebagai arus utama pembangunan kesehatan. Kedua, koordinasi antar kementerian/lembaga pemerintah dan stake holder lainnya dalam pembangunan berwawasan kesehatan. Ketiga, support penuh semua pihak terhadap penguatan JKN,” ujar Direktur Eksekutif LK2PK, dr Ardiansyah Bahar, MKM.

Baca juga: Tenaga Kesehatan Adalah Pahlawan

“Keempat, penghitungan dan penerapan tarif jasa medis yang layak. Kelima, kepastian hukum yang menjamin tenaga kesehatan dapat berpraktik dengan aman dan nyaman. Keenam, regulasi yang mengatur namun tidak menghambat penggunaan teknologi di bidang kesehatan,” lanjutnya dikutip dari detik.

Selain itu, dr Ardi mengatakan bahwa isu seputar stunting, kesehatan ibu hamil, imunisasi, penyakit tidak menular (PTM), gaya hidup sehat, dan gangguan mental. Isu seputar teknologi kesehatan dan JKN juga perlu cepat diselesaikan oleh Menkes baru agar masyarakat merasa nyaman untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Baca juga: Perawat Jangan Mau Digaji Rendah, Minimal 3 Kali UMP

“Apabila pembangunan kesehatan berjalan dengan baik, tentu tidak akan ada lagi keresahan yang timbul seputar permasalahan kesehatan,” tandasnya.

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker