PPNI dan Pemkab Bogor Mulai Seriusi Program 1 Desa 1 Perawat

Senyumperawat.com – PPNI akhirnya mendapatkan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Bogor. Khususnya dalam upaya pencanangan program 1 desa 1 perawat. Hal ini termasuk upaya untuk mendukung pelayanan kesehatan dan meningkatkan kualitas kesehatan warga.

“Program 1 desa 1 perawat harus direalisasikan, selain meningkatkan pelayanan kesehatan juga meningkatkan kesejahteraan para perawat di Kabupaten Bogor,” kata Bupati Bogor Ade Yasin dalam siaran pers pemerintah kabupaten, Selasa.

Keberadaan perawat, menurut dia, merupakan salah satu indikator keberhasilan pembangunan kesehatan yang berkesinambungan di Kabupaten Bogor.

Baca juga: 8 Peran Perawat yang Kadang Dilalaikan

“Peran perawat sangat penting karena bersentuhan langsung dengan pasien. Salah satunya melalui pelayanan dengan teknologi dan alat yang mutakhir untuk menciptakan masyarakat Kabupaten Bogor sehat,” ujarnya.

Ade Yasin mengatakan bahwa memaksimalkan peran perawat menjadi hal yang penting di samping peningkatan sarana dan prasarana kesehatan, mulai dari rumah sakit sampai puskesmas.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Bogor Yusuf Djamili mengatakan bahwa organisasinya siap berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Bogor untuk meningkatkan kualitas layanan perawat.

“Mengantongi izin saja tidak cukup, kualitas juga dibutuhkan untuk meningkatkan pencegahan terhadap kemungkinan timbulnya masalah kesehatan yang lebih besar,” kata Yusuf.

Baca juga: Menkes Terawan: Fungsi Puskesmas Akan Dikembalikan Untuk Promotif dan Preventif

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah PPNI Jawa Barat Wawan Hernawan memaparkan bahwa ada 4.314 tenaga perawat di Kabupaten Bogor, tapi jumlah itu belum cukup untuk mendukung penanganan masalah kesehatan di Kabupaten Bogor secara menyeluruh.

“Ke depannya perawat tidak hanya melakukan pelayanan kuratif. Tetapi berperan aktif melakukan pelayanan preventif. Seperti edukasi dan sosialisasi kesehatan kepada masyarakat hingga pelosok desa,” kata Wawan. (Source: Antara)

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker