Menkes Terawan: Fungsi Puskesmas Akan Dikembalikan Untuk Promotif dan Preventif

Senyumperawat.com – Setelah Menteri Kesehatan yang baru terpilih, tentunya akan banyak program yang digulirkan. Salah satunya adalah Menkes Terawan Agus Putranto akan mengembalikan fungsi puskesmas ke fitrahnya. Puskesmas berfungsi sebagai fasilitas kesehatan dengan konsentrasi pelayanan pada upaya promotif dan preventif yang antara lain mencakup edukasi kesehatan serta pencegahan dan deteksi dini penyakit.

“Ke depan akan mengubah konsentrasi pelayanan di puskesmas bukan hanya kuratif-rehabilitatif, tapi kembali ke fitrahnya menjadi promotif dan preventif,” kata Menkes Terawan di Jakarta, Senin.

Terawan mengatakan bahwa kalau fungsi puskesmas fokus pada pelayanan kuratif dan rehabilitatif atau pengobatan maka orientasinya adalah pembayaran layanan kesehatan.

Sedangkan kalau konsentrasinya lebih pada upaya promotif dan preventif, ia melanjutkan, maka orientasi puskesmas akan lebih pada keberhasilan program kerja.

Baca juga: Perawat Jangan Mau Digaji Rendah, Minimal 3 Kali UMP

Pemerintah ingin puskesmas fokus pada upaya mencegah orang menjadi sakit, bukan hanya melayani orang yang sakit.

Saat ini Kementerian Kesehatan sedang melakukan akreditasi fasilitas kesehatan tingkat pertama seperti puskesmas. Dalam akreditasi tersebut akan ditambahkan indikator mengenai upaya promotif dan preventif puskesmas.

“Acuan akreditasi puskesmas bahwa dia terakreditasi kalau mampu atasi promotif-preventif, otomatis stunting dicegah,” kata Menteri Kesehatan.

Baca juga: Pemerintah Pangkas 4,68 Juta Penerima Bantuan Iuran BPJS Kesehatan

Selain itu, Menteri Kesehatan juga mengemukakan rencana untuk mengoptimalkan pelaksanaan program-program bidang kesehatan serta mengoordinasikan program kesehatan seperti penurunan angka kekerdilan pada anak dan penurunan angka kematian ibu dan bayi agar tidak tumpang tindih dan lebih efisien. (Source: Antara)

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker