Manfaat ASI Bagi Bayi dan Manfaat Menyusui Bagi Para Ibu

Senyumperawat.com – Air Susu Ibu (ASI) adalah makanan bernutrisi bernergi tinggi yang mudah untuk dicerna yang dihasilkan oleh kelenjar payudara wanita melalui proses laktasi. ASI merupakan makanan cair yang secara khusus diciptakan untuk memenuhi kebutuhan bayi akan berbagai zat gizi yang dibutuhkan. ASI dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan di samping memenuhi kebutuhan bayi akan energi. Hanya dengan diberi ASI saja tanpa makanan lain, bayi mampu tumbuh dan berkembang dengan baik sampai usia 6 bulan. Kurang lebih begitulah gambaran umum manfaat ASI bagi bayi.

Bayi yang berusia 0-6 bulan, membutuhkan ASI eksklusif. ASI eksklusif adalah pemberian air susu ibu pada bayi tanpa tambahan cairan lain seperti susu formula, jeruk, madu, air teh, air putih dan tanpa tambahan makanan padat sampai dengan usia 6 bulan.

Pemberian ASI yang dianjurkan adalah ASI eksklusif selama 6 bulan. Maksudnya adalah bahwa bayi hanya mendapatkan ASI saja tanpa makanan atau minuman lain termasuk air putih. ASI eksklusif menurut WHO adalah pemberian ASI saja pada bayi sampai usia 6 bulan tanpa tambahan cairan ataupun makanan lain.

Setelah 6 bulan mendapatkan ASI eksklusif, dianjurkan untuk hari-hari berikutnya diberikan makanan pendamping ASI (MPASI). ASI dapat diberikan sampai bayi berusia 2 tahun. Begitu menurut anjuran dalam Islam maupun secara kesehatan.

Baca juga: Teknik Stimulasi Supaya Anak Cepat Bicara

Kandungan nutrisi ASI

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam ASI adalah karbohidrat, protein, lemak, mineral, air dan vitamin. Zat karbohidrat dalam ASI berbentuk laktosa yang jumlahnya akan berubah-ubah setiap hari menurut kebutuhan tumbuh kembang bayi. Laktosa meningkatkan penyerapan kalsium fosfor dan magnesium yang sangat penting untuk pertumbuhan tulang, terutama pada masa bayi untuk proses pertumbuhan gigi dan perkembangan tulang.

ASI juga terdiri dari 88% air yang berguna untuk melarutkan zat-zat yang terdapat didalamnya. ASI sebagai sumber air yang relatif tinggi dapat meredakan rangsangan haus dari bayi. Vitamin yang terdapat dalam ASI cukup lengkap yaitu terdiri dari vitamin A, D, C, sedangkan golongan vitamin B selain riboflavin dan asam panthothenik kandungannya masih kurang.

Manfaat ASI bagi bayi

Manfaat ASI bagi bayi yaitu ASI sebagai nutrisi. Sumber gizi yang sangat ideal bagi bayi karena komposisi ASI seimbang dan sesuai dengan pertumbuhan kebutuhan bayi. ASI juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh , meningkatkan kecerdasan, dan meningkatkan jalinan kasih sayang.

Manfaat ASI eksklusif yang penting yaitu meningkatkan jalinan kasih sayang antara bayi dan ibunya. Bayi juga akan merasa aman dan tentram, terutama bayi dapat mendengar detak jantung ibunya yang dikenal sejak dalam kandungan. Perasaan terlindung dan disayangi inilah yang akan menjadi dasar perkembangan emosi bayi dan membentuk kepribadian yang percaya diri dan dasar spiritual yang baik.

Baca juga: Cara Menurunkan Demam Tanpa Obat Pada Anak

Manfaat memberikan ASI bagi ibu

Selain memberi manfaat luar biasa bagi bayi, memberikan ASI juga memberi manfaat bagi sang ibu. Manfaat pertama adalah sebagai bentuk proteksi kesehatan ibu. Oksitoksin yang dilepaskan selama menyusui membantu uterus kembali keukuran sebelumnya dan membantu mengurangi perdarahan postpartum.

Menyusui juga mengurangi risiko kanker payudara dan ovarium ibu. Selama enam bulan pertama setelah kelahiran, jika seorang wanita amenorik dan sepenuhnya menyusui bayinya, ia memiliki proteksi 98% terhadap kehamilan lainnya. Semakin lama durasi menyusui, semakin lama durasi dari amenorea postpartum, yang mengarah pada interval kelahiran yang lebih panjang.

Referensi

  • Matondang C.S., Munatsir Z., Sumadiono. (2008). Aspek Imunologi Air Susu Ibu, Edisi II. Jakarta : Badan Penerbit IDAI.
  • Yenrina.(2008). Makanan Pendamping ASI. Jakarta: Rineka Cipta.
  • Roesli, Utami. (2008). Mengenal ASI Eksklusif. Jakarta : PT. Pustaka Pembangunan Swadaya
  • Depkes RI. (2007). Pemberian Makanan Pendamping ASI Lokal. Jakarta.
Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker