Jusuf Kalla Ajak Hidup Sehat Agar Rumah Sakit Sepi Pasien

Senyumperawat.com – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) ingin masyarakat menjaga lingkungan dan hidup sehat. Dia tak ingin masyarakat menjadi pasien rumah sakit. Harapannya kelak rumah sakit sepi pasien.

“Program (utama) pemerintah itu pencegahan (sakit) dan hidup sehat. Hidup sehat itu menjaga lingkungan, dan menjauhi merokok, bergerak olahraga, jalan kaki,” ujar JK saat peresmian gedung radioterapi Rumah Sakit Islam (RSI) Faisal di Jalan A. P. Pettarani Makassar, Banta-Bantaeng, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin, 7 Oktober 2019 dikutip medcom.

JK mengakui penyakit sulit dihindari. Namun, bisa dicegah dengan penataan kebersihan dan lingkungan yang baik.

Dia minta Pemda aktif menjaga kebersihan lingkungan dan perbanyak sarana olahraga. Masyarakat harus didorong hidup sehat. Dengan hidup sehat, maka tak perlu berobat sehingga rumah sakit sepi pasien.

Baca juga: Perawat Jangan Mau Digaji Rendah, Minimal 3 Kali UMP

“Cita-cita masyarakat sebenarnya itu (sehat), rumah sakit sepi. Namun kita manusia biasa mengalami gangguan kesehatan,” ujar dia.

JK menyebut ada beberapa faktor yang mempengaruhi kesehatan, di antaranya faktor genetika, lingkungan, kebiasaan, dan rumah sakit yang memadai. JK tak ingin masyarakat hidup sehat bergantung pada jumlah rumah sakit. “Hidup sehat, mengurangi biaya rumah sakit,” ucap dia.

Direktur Utama RSI Faisal, Arfiah Arabe, menyebut RSI Faisal sudah mulai beroperasi. Khususnya untuk pasien umum. “BPJS sementara dalam proses kerja sama dan insyaallah secepatnya akan dilayani,” ujar Arfiah.

Arfiah menjelaskan, RSI Faisal merupakan rumah sakit tipe B milik swasta. Rumah sakit ini didukung layanan dokter spesialis dan sub spesialis,yang ditunjang fasilitas medis memadai.

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker