Arti dan Fungsi Warna dalam Triase, Perbedaan UGD dan IGD

Senyumperawat.com – Triage atau triase merupakan metode yang digunakan untuk memilah atau membedakan tingkat kegawatdaruratan pasien. Konsep ini biasanya digunakan untuk mempermudah tim medis memberikan skala prioritas pada pasien. Hal ini terutama diperlukan ketika sumber daya yang ada tidak mencukupi untuk semua pasien. Konsepnya cukup sederhana yakni diklasifikasikan dengan penanda warna. Arti dan fungsi warna dalam Triase ini menentukan skala prioritasnya baik yang gawat darurat, darurat, gawat atau pasien yang tidak gawat dan tidak darurat.

Tujuan dari penerapan triase

Triase ini memiliki tujuan di antaranya:

  1. Untuk mempermudah tenaga medis dalam memberikan tindakan.
  2. Memberikan penanganan terbaik pada korban dalam jumlah yang banyak
  3. Untuk menurunkan angka kematian
  4. Mencegah terjadinya kecacatan maupun resiko cedera bertambah parah
  5. Mengefisiensikan antara jumlah penolong dengan korban

Prinsip dasar Triase

Pada keadaan bencana massal, korban timbul dalam jumlah yang tidak sedikit dengan resiko cedera dan tingkat survive yang beragam. Pertolongan harus disesuaikan dengan sumber daya yang ada, baik sumber daya manusia maupun sumber daya lainnya. Hal tersebut merupakan dasar dalam memilah korban untuk memberikan perioritas pertolongan.

Pada umumnya penilaian korban dalam triage dapat dilakukan dengan:

  1. Menilai tanda vital dan kondisi umum korban
  2. Menilai kebutuhan medis
  3. Menilai kemungkinan bertahan hidup
  4. Menilai bantuan yang memungkinkan
  5. Memprioritaskan penanganan definitif

Triase bisa diterapkan baik di klinik lapangan, UGD dan juga IGD. Oh ya, mungkin ada yang belum begitu bisa membedakan antara UGD dan IGD. UGD (Unit Gawat Darurat) dengan IGD (Instalasi Gawat Darurat) ternyata memiliki perbedaan dari sisi ruang. UGD biasanya disematkan pada rumah sakit atau klinik yang lingkupnya lebih kecil daripada IGD. Dari sisi dokter jaga pun berbeda. Kalau UGD biasanya ada dokter jaga namun berupa dokter umum. Sedangkan dalam IGD, tersedia dokter jaga yang merupakan dokter spesialis.

Arti dan fungsi warna dalam Triase

Dalam penerapan Triase, digunakan konsep klasifikasi berdasarkan warna. Ada warna merah, kuning, hijau dan hitam. Penggunaan konsep 4 warna ini adalah konsep paling sederhana. Di sebagian rumah sakit besar atau di beberapa negara, sudah menerapkan lebih dari 4 warna. Arti dan fungsi warna dalam Triase memiliki makna antara lain:

Baca juga: Masih Bingung Gimana Cara Menghitung GCS?

1. MERAH

Ini adalah pengelompokan bagi pasien atau korban dengan status gawat darurat. Beberapa kasus yang mungkin akan diarahkan ke zona merah antara lain:

  • Pasien dengan henti nafas dan henti jantung
  • Syok oleh berbagai kausa
  • Sumbatan jalan nafas
  • Trauma kepala dengan pupil anisokor
  • Perdarahan eksternal masif
  • Gangguan jantung yang mengacam
  • Luka bakar >50% atau luka bakar di daerah terbakar

2. KUNING

Pasien yang memerlukan observasi berkala dengan status gawat namun tidak membutuhkan penanganan darurat. Misalnya pada kasus.

  • Korban dengan risiko syok (korban dengan gangguan jantung, trauma abdomen berat)
  • Multiple fraktur
  • Fraktur femur/pelvis
  • Luka bakar yang cukup luas
  • Gangguan kesadaran/trauma kepala

Baca juga: Dasar-Dasar Keperawatan Gawat Darurat

3. HIJAU

Pasien yang diarahkan ke zona hijau adalah yang tidak memerlukan pengobatan atau pemberian pengobatan berarti. Dalam makna, pasien tidak mengalami luka serius. Misalnya pada kasus:

  • Fraktur minor
  • Luka minor, luka bakar minor, atau tanpa luka

4. HITAM

Korban yang telah meninggal dunia. Setelah dibersihkan di ruang UGD/IGD, pasien kemudian dikirimkan ke kamar jenazah atau dibawa pulang jika pihak keluarga telah menyelesaikan administrasi.

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker