Minum Susu Ibu Hamil, Seberapa Perlunya?

Senyumperawat.com – Kalau bertanya kepada ibu-ibu, apakah mereka terbiasa minum susu ibu hamil selama kehamilan, pasti jawabannya beragam. Apalagi kalau bertanya merk susu ibu hamil apa yang paling bagus. Susu ibu hamil yang paling baik adalah merk ini, itu kalau tanya ke satu orang. Nanti jika tanya ke orang yang lain jawabnya susu ibu hamil terbaik itu merk itu.

Nah, di sini kadang ibu muda yang baru mendapatkan karunia berupa kehamilan akan merasa bimbang. Tapi satu hal yang pasti, merk ini dan itu tak ada di pasaran jadi jangan dicari. Adanya merk-merk yang sudah biasa muncul di iklan televisi dan sejenisnya.

Kembali ke topik, sebenarnya apakah begitu perlu seorang ibu hamil minum susu khusus tersebut. Untuk menjawabnya, mungkin perlu kita pelajari bersama terkait kandungan produk tersebut. Tiap merk susu pasti menawarkan keunggulannya masing-masing. Tapi secara umum, tentunya ada unsur-unsur yang sama antar merk tersebut. Untuk lebih jelasnya, mari kita kaji.

Seberapa perlunya minum susu ibu hamil?

Kalau Anda bertanya dengan pertanyaan semacam itu kepada produsen susunya, pasti akan menjawab perlu. Tapi kalau Anda bertanya kepada sesama ibu-ibu atau bahkan yang lebih senior yang tidak pernah minum susu, pasti jawabnya relatif juga. Ada yang mengatakan perlu, tapi ada yang pula yang tentunya menyatakan “kalau punya duit ya gpp juga beli itu”. Lain lagi kalau bertanya kepada para nenek-nenek. Jawabnya boleh jadi, “Jaman saya dulu gak ada susu begitu juga sehat-sehat anaknya, ibunya juga sehat-sehat aja”.

Baik, apa pun tanggapan masyarakat ya namanya juga pendapat. Seseorang boleh saja berpendapat sesuai dengan pengalaman atau referensi yang pernah diterima. Terlepas dari itu semua, mari kita kaji apa saja manfaat minum susu ibu hamil tersebut agar bisa menentukan sendiri seberapa perlunya bagi diri Anda sendiri.

1. Kandungan gizi

Produk apa pun jika itu merupakan asupan nutrisi pastinya mengandung zat gizi. Begitu pun dengan susu khusus untuk ibu hamil. Merk apa pun itu, pasti menawarkan bahwa itu adalah susu ibu hamil terlengkap kandungan gizinya. Walaupun sebenarnya sama saja antara merk A dan B. Kandungan gizi dalam susu bumil secara umum berisi zat besi, seng, kalsium, fosfor, vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, D, dan E, juga asam folat, AA dan DHA yang disesuaikan dengan kebutuhan selama hamil.

Baca juga: Tips Posisi Tidur Ibu Hamil yang Nyaman

2. Mengandung lemak dan kolesterol yang aman

Susu secara umum mengandung lemak dan kolesterol. Apalagi jika itu susu sapi. Makanya sekarang sedang tren pula muncul susu rendah lemak dan kolesterol. Termasuk susu ibu hamil, perlu diperhatikan kandungan lemak dalam susu tersebut. Saat hamil, susu rendah lemak dan kolesterol adalah pilihan yang tepat. Untuk mengetahui seberapa takaran lemak yang diperlukan oleh seorang ibu hamil, memang idealnya konsultasi dengan ahli gizi. Tapi setidaknya, jangan sampai penambahan berat badan selama hamil terlampau jauh di atas batas normalnya.

Baca juga: Menu Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

3. Apakah ada manfaat bagi janin yang dikandung?

Ini satu hal lagi yang perlu diperhatikan. Kalau manfaat bagi ibu hamil, mungkin poin 1 dan 2 sudah cukup menjawab. Namun bagaimana untuk janin, apakah memberikan manfaat pula baginya? Dalam susu ibu hamil memang ada beberapa tambahan zat khusus. Zat ini tak ditemukan dalam susu lain, misalkan kandugnan asam folat. Kandungan asam folat pada susu hamil yang telah disesuaikan dengan kebutuhan ibu hamil juga terbukti mampu menurunkan risiko cacat tabung saraf (neural tube defect).

Baca juga: Kenaikan BB Ibu Hamil yang Normal

Kurang lebih seperti itulah gambaran terkait apakah perlu meminum susu ibu hamil. Anda bisa menentukan sendiri akan memilih berkata iya atau tidak. Kemudian kalau ada yang bertanya, merk susunya yang bagus apa, silakan baca bagian kandungan gizi yang ditawarkan.

Merk A kadang meningkatkan kandungan zat A daripada susu B. Namun terkadang pula, susu B menawarkan zat B lebih banyak daripada di susu A. Semuanya memiliki harga jual tersendiri. Namun pastikan Anda membaca terlebih dahulu dan membandingkan kandungan nutrisi dalam merk susu tersebut.

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker