Potret Aksi Mahasiswa Kesehatan Tolak Revisi UU KPK dan RKUHP

Senyumperawat.com – Banyaknya mahasiswa yang menjadi korban tembakan water canon dan gas air mata pada aksi sebelumnya, menyebab mahasiswa kesehatan tak bisa dibendung. Tepatnya di Kaltim, para mahasiswa kesehatan juga ikut ambil bagian pada aksi tolak revisi UU KPK dan RKUHP di DPRD Kaltim yang berlangsung pada hari ini, Kamis (26/9/19).

Setidaknya ada 200 lebih mahasiswa kesehatan di Kaltim yang turun pada aksi hari ini. Mereka berasal dari berbagai kampus dengan latar kesehatan yang berbeda-beda. Mulai dari kedokteran, perawat, bidan, dan farmasi.

Ketua Tim Kesehatan Mahasiswa, Said Ridwan Assegaf mengatakan, tim kesehatan gabungan mahasiswa kesehatan di Kaltim memang sengaja diturunkan untuk memberikan bantuan kesehatan kepada massa aksi jika ada yang membutuhkan.

“Ini tim kesehatan yang merupakan gabungan dari semua kampus di Kaltim,” kata dia.

Baca juga: Relawan Medis Pria dan Wanita Dompet Dhu’afa Dipukuli Polisi, Ini Videonya!

Menurut mahasiswa asal Poltekes Kaltim itu, banyaknya mahasiswa yang jatuh pingsan pada aksi Senin (24/9/19) lalu, menjadi cermin bagi rekan-rekannya untuk menurunkan tim kesehatan tersendiri dari mahasiswa.

“Kami berusaha supaya tidak ada korban yang jatuh. Kami ingin meminimalisir adanya korban pada aksi ini,” tuturnya.

Keberadaan tim medis kesehatan itu, kata dia, murni bagian dari upaya mahasiswa kesehatan memberikan bantuan medis atau kesehatan kepada sesama mahasiswa.

“Ketika ada korban, maka kami berusaha untuk memberikan pertolongan pertama sebelum adanya bantuan medis dsri rumah sakit,” katanya.

Dari 200 tim kesehatan mahasiswa yang turun pada aksi ini, mereka dibagi ke dalam beberapa titik. Setiap tim sudah dilengkapi peralatan kesehatan.

Baca juga: Soal Insiden Penganiayaan Tim Medis PMI Oleh Oknum Brimob, Pantaskah?

“Mulai dari mahasiswa kedokteran, analisis, perawat, bidan, dan farmasi, hampir semuanya gabung pada tim kesehatan ini,” tandasnya. (Source: Akurasi)

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker