Peran Perawat dalam Penanggulangan Bencana Kabut Asap di Riau

Senyumperawat.com – Dalam rangka penanggulangan bencana akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Riau yang terjadi dengan melakukan pertemuan dengan pihak terkait.

Dengan melakukan koordinasi untuk mendapatkan solusi terbaik, telah berlangsung di Ruang Rapat Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Jumat (20/9/2019).

Kegiatan pertemuan dibuka oleh Mimi Yuliani Nazir selaku Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau.

Hadir pada kesempatan ini Elia Tarigan sebagai Ketua DPW Persatuan Perawat Nasional Indonesia Indonesia (PPNI) Provinsi Riau bersama Afridah Ketua Himpunan Perawat Gawat Darurat dan Bencana Indonesia (HIPGABI) Provinsi Riau dan para undangan lainnya.

6 upaya penanggulangan bencana kabut asap

Usai pertemuan melalui pesan tertulisnya, Sabtu (21/9/2019), Afridah menginformasikan berkaitan dari hasil pertemuan dalam upaya penanggulangan bencana kabut asap. Dituliskannya, beberapa kesimpulan dari hasil pertemuan tersebut, diantaranya:

Baca juga: Kata Perawat Azis: Lebih Baik Mengabdi di Desa Dihargai Daripada di Kota

  1. Poltekkes bersedia memberdayakan mahasiswa dalam penangulangan krisis kesehatan,
  2. Pembentukan posko utama di Dinas Kesehatan Provinsi Riau,
  3. Melakukan penguatan masyarakat melalui dasawisma,
  4. Meminta kontribusi sekolah kesehatan untuk membantu petugas kesehatan,
  5. Semua data harus melalui Dinas Kesehatan Provinsi Riau,
  6. Masing-masing organisasi mengirimkan 10 orang anggota untuk mengikuti pelatihan pembuatan alat penjernih sederhana.

Selain itu, Ketua HIPGABI menjelaskan adanya aksi peduli dengan pembagian masker yang dilakukan di wilayah Riau. Ia berharap melalui kegiatan itu dapat mengurangi dampak dari akibat asap, memberikan edukasi kepada masyarakat agar selalu memakai masker saat keluar rumah, dan dapat mengurangi penyakit ISPA.

Adapun pembagian masker telah dilaksanakan pada Rabu (18/9/2019) oleh HIPGABI Riau bersama DPD PPNI yang ada di wilayah Provinsi Riau.

Baca juga: MDMC Dirikan Rumah Oksigen Muhammadiyah di Kalimantan

Sebanyak 1.500 masker telah dibagikan kepada masyarakat terdampak kabut asap dari BPBD setempat. (Source: HIPGABI Provinsi Riau)

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker