Macam-Macam Ukuran Jarum Infus dan Kegunaannya

Senyumperawat.com – Jarum infus memiliki varian yang beragam. Macam-macam ukuran jarum infus tersebut memiliki fungsi yang sebenarnya sama yakni sebagai jalur masuknya cairan melalui intravena. Tapi memang mesti dibuat ukuran jarum yang bermacam-macam tergantung ukuran pembuluh darahnya. Misalkan untuk anak-anak, tentu berbeda ukurannya dengan dewasa.

Jarum infus ini diproduksi oleh banyak pabrikan. Namun, ada satu kesepakatan yang lazim digunakan. Untuk membedakan klasifikasi ukuran jarum infus, digunakanlah warna. Warna tertentu menunjukkan ukuran jarum tertentu. Ini tentunya untuk mempermudah petugas kesehatan saat menentukan ukuran yang tepat bagi pasien.

Macam-macam ukuran jarum infus

Beberapa ukuran jarum infus yang perlu diketahui setidaknya ada 7 macam. Ada ukuran 14 hingga 26. Dalam menilai ukuran jarum infus, nomor dan ukurannya dibuat terbalik. Maksudnya, semakin kecil penomoran label maka semakin besar ukuran lubang jarum infusnya.

Baca juga: Prosedur Standar Injeksi Intravena (IV)

Untuk lebih detailnya, mari kita pelajari macam-macam jarum infus di bawah ini:

Jarum infus ukuran 14

Jarum infus ukuran 14 diberi warna orange, digunakan untuk pasien dewasa yang membutuhkan tambahan cairan dalam jumlah banyak dan segera. Misalkan pada kasus pasien yang kehilangan banyak darah dan berpotensi mengalami shock hipovolemik akibat luka bakar. Pada kasus demikian, cairan harus disuplai dengan segera dan jumlah yang sesuai indikasi.

Jarum infus ukuran 16

Jarum infus ukuran 16 diberi kode warna abu-abu. Untuk ukuran ini, biasanya digunakan pada pasien umur 8 tahun ke atas.

Jarum infus ukuran 18

Jarum infus ukuran 18 diberi kode warna hijau. Jarum dengan ukuran ini, biasanya digunakan untuk tranfusi darah. Selain itu juga digunakan untuk memasukkan cairan dengan viskositas sedikit kental.

Jarum infus ukuran 20

Jarum infus ukuran 20 diberi kode warna pink. Fungsinya serupa dengan jarum ukuran 18. Untuk keperluan tranfusi darah atau cairan dengan viskositas kental.

Baca juga: Perbedaan Injeksi IV, IC, SC dan IM Beserta Gambar Lokasi Injeksinya

Jarum infus ukuran 22

Jarum infus ukuran 22 diberikan kode warna biru. Ukuran ini biasa digunakan untuk anak usia 1 sampai 8 tahun hingga pasien dewasa. Semua terapi dalam bentuk cairan dapat menggunakan jarum ukuran 22 ini.

Jarum infus ukuran 24 dan 26

Jarum dengan ukuran 24 diberikan kode warna kuning sedangkan ukuran 26 diberikan kode warna ungu. Kedua jarum ini berukuran kecil sehingga lebih lazim digunakan pada anak di bawah 1 tahun. Infus set yang dipergunakan untuk ukuran jarum ini adalah yang mikro. Tetesan cairannya sangat kecil karena menyesuaikan dengan ukuran pembuluh darah pasien.

Kurang lebih demikian terkait macam-macam ukuran jarum infus. Kalau Anda berkunjung ke rumah sakit, pasti akan melihat penggunaan yang berbeda-beda pada tiap pasien.

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker