Inspirasi Pak Habibie Berjuta Karya, Tips Menjaga Kesehatan Jantung Bagi Lansia

Senyumperawat.com – Sebagai seorang yang sudah banyak menghasilkan karya, sosok BJ Habibie tak kan pernah terlupakan. BJ Habibie muda sudah membuktikan bahwa roda kehidupan terus berputar. Ada kalanya seseorang berada di bawah dan ada kalanya seseorang berada di puncak. Hingga semua itu akan ditentukan oleh bagaimana seseorang akan dikenang usai tiadanya. Pak Habibie telah mewujudkan semua itu dalam karya-karya beliau. Nah, agar tetap bisa berkarya di usia lanjut, sedini mungkin terapkan hidup sehat termasuk dengan menjaga kesehatan jantung.

Ada beberapa rekomendasi dari AHA (American Heart Association) terkait tips menjaga kesehatan jantung. Kunci dari hal ini adalah gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat akan memberikan kesempatan lebih panjang bagi tubuh untuk dapat tetap menghasilkan karya.

Tips menjaga kesehatan jantung

Beberapa tips di bawah ini akan lebih baik jika diterapkan sedini mungkin. Selain untuk modal di hari tua, juga untuk meningkatkan taraf kesehatan Anda.

Berhenti merokok

Banyak yang kemudian berkelit bahwa banyak orang yang justru meninggal lebih cepat daripada perokok. Ada banyak lansia yang berusia 70 tahun lebih dan ia seorang perokok tapi tetap sehat-sehat saja. Untuk menjawab hal ini, satu poin penting yang perlu diingat bahwasanya umur sudah menjadi ranah Allah untuk menentukan takdir. Tidak ada yang bisa mempercepat atau memperlambat ajal kecuali atas kehendak Allah.

Jangan lihat dari sisi perbandingan usia dan kebiasaan merokoknya, tapi bagaimana kondisi paru-paru perokok ditinjau dari sisi anatomi fisiologi. Anda perlu membandingkan temuan tersebut melalui media pemeriksaan laboratorium. Perokok aktif maupun pasif sama-sama berisiko untuk kehilangan kesehatan jantung mereka. Karena itu, sedapat mungkin hindari paparan tubuh terhadap asap rokok.

Perhatikan tekanan darah

Tekanan darah yang labil apalagi masuk kategori tinggi, perlu mendapatkan penanganan segera. Semakin cepat diatasi, akan semakin menjaga kondisi jantung untuk masa yang lebih panjang. Hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa menimbulkan gangguan organ tubuh seperti jantung, ginjal, mata, dan pembuluh darah kecil lainnya. Komplikasi dari pembiaran terhadap hipertensi bisa berujung pembengkakan jantung, gagal ginjal, stroke, dan serangan jantung. Konsultasikan dengan dokter untuk menjaga tekanan darah Anda agar tetap dalam rentang normal.

Aktif dan produktif

Penyakit yang berkenaan dengan jantung dapat direduksi dengan menjalani aktivitas fisik yang sehat. Tubuh tetap aktif dan produktif untuk menghasilkan karya. Jangan biarkan tubuh bermanja-manja hanya tidur dan istirahat berlebihan. Buat tubuh selalu beraktivitas walaupun itu aktivitas ringan namun jantung tetap dapat terlatih dalam aktivitas tersebut.

Jaga berat badan ideal

Sekarang, seluruh indikator kesehatan dapat dilihat dari ponsel Anda. Salah satunya yang bisa dikontrol adalah berat badan. Ukuran berat badan harus ideal dengan tinggi badan. Perbandingannya sudah diukur dengan indikator yang disebut Indeks Massa Tubuh (IMT). Tidak hanya itu, dalam banyak aplikasi ponsel juga kadang dimunculkan rekomendasi jika ternyata berat badan kurang atau berlebihan. Menjaga kesehatan jantung dengan mengidealkan berat badan amatlah berpengaruh.

Baca juga: Batas Waktu Makan Malam yang Bisa Bikin Gemuk

Kontrol gula darah

Gula darah sangat erat kaitannya dengan kondisi pembuluh darah dan jantung. Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah dan berakhir dengan penyakit jantung. Karena itu, saat pemeriksaan kesehatan rutin, Anda harus selalu memeriksa gula darah Anda. Selain itu, hindari konsumsi makanan yang terlalu manis, roti, dan kue yang mengandung gula simpleks (sederhana) yang tinggi.

Antisipasi resiko

Saat menginjak usia 40-75 tahun, Anda harus melakukan pemeriksaan kesehatan rutin minimal setahun sekali. Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengetahui adakah faktor risiko penyakit jantung dalam diri Anda. Dokter akan menilai tingkat risiko tersebut dan menginformasikan langkah spesifik penanganannya.

Kendalikan kolesterol

Kolesterol adalah komponen utama dalam sumbatan pembuluh darah. Untuk mengendalikan kolesterol adalah mengurangi konsumsi makanan tinggi lemak jenuh seperti gorengan, makanan bersantan, makanan mengandung mentega atau butter. Sebaliknya, perbanyak konsumsi ikan yang tinggi omega-3 dan omega-6 serta buah dan sayuran yang tinggi serat.

Demikian kurang lebih beberapa tips menjaga kesehatan jantung. Jangan sungkan untuk selalu menggali potensi kesehatan Anda. Perbanyak pula referensi terkait kiat menjaga kesehatan tubuh untuk bekal di hari tua.

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker