Batas Waktu Makan Malam yang Bisa Bikin Gemuk

Senyumperawat.com – Makan di malam hari memang terasa nikmat apalagi sambil bermalas-malasan. Kondisi malam yang dingin, suasana yang hening menambah hasrat untuk makan. Masalahnya, ternyata ada batas waktu makan malam yang perlu diperhatikan. Ini ada kaitannya dengan resiko menjadi gemuk karena makan malam hari.

Tubuh manusia didesain oleh Sang Pencipta dengan begitu luar biasa. Secara otomatis, sebenarnya tubuh sudah memiliki jam kerja dan jam istirahat sendiri. Sama seperti manusia bekerja pada sebuah instansi. Pasti ada jam kerja tertentu dan juga ada jam istirahatnya. Kalau pekerjaan sudah usai, maka sang pekerja boleh pulang. Sama seperti tubuh kita, kalau masa kerjanya sudah usai maka ia akan mati bersamaan dengan dicabutnya nyawa.

Batas waktu makan malam

Makan di malam hari itu kadang terasa nikmat karena perut terasa lapar. Kondisi ini kerap dialami oleh mereka yang biasa begadang. Batas waktu makan malam yang baik itu setidaknya 3 jam sebelum jadwal tidur. Sederhananya begini, kalau Anda biasa tidur jam 9 malam, maka jam makan malam yang baik setidaknya pada sekitar jam 6 sore.

Baca juga: Masalah Kesehatan Akibat Telat Makan

Perhitungan ini tidak asal hitung. Mengingat jam kerja tubuh kita. Kita perlu memberikan kesempatan bagi lambung dan usus untuk mencerna dan memetabolisme makanan dengan baik. Untuk menganalogikan batas waktu makan malam, mungkin kita bisa menggunakan jadwal berbuka puasa. Tepatnya usai maghrib hingga waktu isya.

Sebagian pakar gizi juga menyatakan bahwa jam makan malam terbaik adalah pada pukul 17.00-18.00. Hal ini dilakukan untuk memberikan waktu lebih banyak bagi saluran pencernaan untuk dapat menyerap dan memetabolisme makanan. Pada waktu itu juga umumnya Anda belum merasa lapar. Makan sebelum kelaparan akan mempermudah Anda dalam mengontrol asupan makanan yang akan dikonsumsi.

Bagaimana kalau merasa lapar saat begadang?

Disinggung di atas bahwa orang yang begadang memang berpotensi merasa lapar. Ini yang perlu diperhatikan. Jangan seenaknya makan berat di malam hari. Jika memaksakan diri makan berat atau makanan yang berkalori tinggi, lambung akan dipaksa untuk bekerja lagi. Usus pun akan menyerap makanan itu namun tidak langsung diproses menjadi energi. Sari makanan itu akan ditimbun sebagai lemak. Ini yang akan menimbulkan obesitas jika dilakukan sering-sering.

Baca juga: Makan Nasi Goreng Bisa Bikin Cepet Endut

Cara menyiasati rasa lapar saat begadang adalah dengan minum air putih. Minum air putih akan lebih efisien untuk mencegah terjadinya kegemukan karena makan malam. Jika pun air belum bisa mengobati rasa lapar, pilihlah makanan berserat dan protein tinggi. Anda bisa dapatkan dari sayuran dan buah-buahan.

Pilih makanan yang jumlah kalorinya tak lebih dari 100 kkal seperti buah, yoghurt, kacang rebus, atau oat yang dicampur dengan susu rendah lemak. Hindarilah mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat atau minuman yang manis di malam hari jika tak mau berat badan Anda bertambah.

Kurang lebih demikian tips bagi Anda yang merasa lapar saat begadang. Ingat, jangan makan seenaknya. Jaga pola makan agar tubuh juga semakin sehat.

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker