Asam Lambung Naik Hingga Muntah, Gastroesophageal Reflux Disease

Senyumperawat.com – Mayoritas anak kos kalau ditanya masalah kesehatan apa yang pernah dialami, mudah sekali ditebak. Mulai dari perut terasa nyeri karena asam lambung tak bersahabat hingga soal stres memikirkan tugas-tugas di sekolah atau kampus. Nah, untuk persoalan kedua yakni stres karena tugas rasanya itu cuma pemalas yang bakal mengeluh. Tapi untuk soal pertama yakni nyeri perut karena masalah asam lambung pasti banyak yang berkata pernah. Istilah medis untuk gejala penyakit tersebut adalah GERD (gastroesophageal reflux disease).

GERD diartikan sebagai sebuah penyakit asam lambung yang disebabkan oleh melemahnya katup atau sfingter yang terletak di kerongkongan bagian bawah. Kondisi pelemahan otot inilah yang menyebabkan isi lambung terkadang naik. Padahal semestinya dapat meredam.

Dampak dari seringnya terjadi refluks adalah iritasi. Iritasi ini tentunya karena asam lambung tersebut. Lapisan kerongkongan secara default tidak didesain untuk menahan terus-menerus asam lambung.

Gejala penyakit Gastroesophageal Reflux Disease (GERD)

Sederhananya begini, kalau perut Anda terasa nyeri, sering memuntahkan makanan hingga sendawa yang berujung ada cairan terasa asam di mulut, besar potensi itu GERD. Parahnya jika itu terjadi setiap kali Anda makan. Maka lambung akan semakin terasa tidak nyaman.

Gejala lain yang mungkin muncul adalah kesulitan menelan karena tiap kali berusaha menelan rasanya mau muntah. Pernapasan juga jadi terasa sulit karena hal ini. Tidur pun terasa kurang nyaman di lambung. Mau miring terasa kurang nyaman, apalagi telentang. Asam lambung yang sering naik ke mulut juga berpotensi merusak gigi. Terlebih lagi mulut pasti terkena dampak yakni bau mulut.

Baca juga: Buat Food Vlogger, Jangan Keseringan Makan Bakso

Cara mengobati GERD

Penyakit gastroesophageal reflux disease lebih erat kaitannya dengan pola makan yang kurang baik. Jika dikaitkan dengan efek samping obat-obatan tertentu memang bisa saja. Namun mayoritas kasus lebih identik dengan pola hidupnya.

Beberapa tips berikut ini rasanya patut dicoba bagi Anda yang sedang mengalami keluhan tersebut. Yuk dicoba tips di bawah ini:

  • Hindari rokok, makanan pedas hingga gorengan
  • Tinggikan kepala saat tidur untuk mengurangi potensi asam lambung naik
  • Jangan langsung berbaring setelah makan
  • Beberapa minuman juga mesti dipertimbangkan untuk dihindari seperti makananĀ berlemak, cokelat, mint, dan kopi.
  • Jangan kenakan pakaian terlalu ketat yang bisa menekan area perut.
  • Satu lagi, jangan makan terlalu kenyang.

Salah satu cara yang banyak orang telah merasakan khasiatnya adalah berpuasa. Puasa secara kesehatan telah terbukti dapat mengatasi permasalahan seputar pencernaan. Khususnya lambung yang mana organ satu ini termasuk yang tak pernah mendapatkan waktu istirahat terbaiknya kecuali saat puasa.

Baca juga: Tips Puasa Untuk Penderita Maag

Obat-obatan medis juga kadang dianjurkan bagi yang begitu terganggu. Beberapa di antaranya adalah Antasida, Cimetidine, famotidine, dan ranitidine. Ada juga jenis Proton pump inhibitors (PPIs), seperti lansoprazole dan omeprazole.

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker