Aksi Sosial PPNI Bagikan Masker & Sosialisasi Bahaya Kabut Asap

Senyumperawat.com – Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Padang Panjang, Sumatera Barat membagikan masker. Dalam kegiatan ini pula, PPNI menyosialisasikan bahaya kabut asap pada masyarakat daerah setempat.

Bagi-bagi masker dilakukan oleh 30 orang perawat pada Selasa pagi di beberapa lokasi. Di antaranya yakni di Simpang PDAM, simpang gedung M Syafei, Pasar Pusat serta dibagikan juga untuk para pedagang kaki lima.

Ketua PPNI Padang Panjang Ade Devita di Padang Panjang, Selasa, mengatakan saat membagikan masker para perawat sekaligus mengenalkan pada warga bahaya kabut asap serta langkah untuk melindungi diri dari bahaya tersebut.

Bagi masker & edukasi menanggulangi bahaya kabut asap

“Kami bagikan pamflet tentang cara menggunakan masker yang benar. Langkah ini salah satu upaya untuk melindungi kesehatan kita,” katanya.

Baca juga: Peran Perawat dalam Penanggulangan Bencana Kabut Asap di Riau

Kemudian pihaknya juga memberikan kiat untuk menjaga tubuh tetap sehat meski dalam kondisi udara tidak sehat dengan cara disiplin menerapkan perilaku hidup bersih, banyak aminum air putih dan menutup celah rumah atau ventilasi dengan kain basah.

“Sedapat mungkin aktivitas di luar rumah dikurangi namun jika memang harus keluar rumah pakailah masker,” katanya.

Langkah selanjutnya yaitu tidak merokok karena rokok dapat memperburuk kondisi kesehatan, banyak konsumsi buah dan sayur serta mengonsumsi makanan yang sudah dicuci dan dimasak dengan baik.

Baca juga: MDMC Dirikan Rumah Oksigen Muhammadiyah di Kalimantan

“Jika mengalami keluhan seperti kesulitan bernafas atau gangguan kesehatan lainnya sebaiknya segera ke fasilitas kesehatan terdekat untuk dilakukan penanganan segera,” ujarnya. (Source: Antara)

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker