4 Manfaat Memijat Payudara, Menyehatkan dan Mengencangkan

Senyumperawat.com – Memiliki payudara sehat dan indah, itu harapan semua wanita. Banyak teknik yang bisa diterapkan untuk mencapai semua itu. Salah satunya adalah dengan teknik memijat. Dalam tulisan ini, setidaknya kita akan membahas 4 manfaat memijat payudara yang bisa didapatkan. Beberapa poinnya akan dibahas di bawah.

Satu hal yang perlu dibedakan adalah antara memijat dengan meremas. Tentunya itu 2 perbuatan yang berbeda. Untuk mendapatkan 4 manfaat kesehatan payudara di bawah ini, yang perlu Anda lakukan adalah memijatnya. Teknik memijatnya pun tidak boleh asal. Ada gerakan-gerakan khusus yang juga akan dibahas berikutnya.

4 manfaat memijat payudara

Pemijatan pada payudara dapat memberikan banyak manfaat. Keempat manfaat memijat payudara tersebut antara lain:

1. Kerja sistem limfatik lebih baik

Jaringan payudara tidak hanya berada di sekitar dua buah dada saja, melainkan dapat memanjang hingga sampai ke area bawah ketiak. Sepanjang payudara sampai bagian bawah ketiak tersebut merupakan salah satu tempat berkumpulnya kelenjar getah bening tubuh atau limfa.

Baca juga: Payudara Gede Sebelah, Normal?

Secara tidak langsung, selain menyehatkan payudara, manfaat rutin memijat bagian tubuh ini juga akan membantu melancarkan kerja sistem limfatik pada kelenjar limfa. Pasalnya, sistem limfatik memiliki peran untuk membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Sayangnya, kadang kala sistem limfatik pada kelenjar limfa ini tidak dapat berfungsi secara optimal untuk mengeluarkan sisa-sisa racun tubuh. Entah karena kerjanya sedang terhambat, atau memang terjadi gangguan pada kelenjar tersebut.

Misalnya usai menjalani operasi pada kelenjar getah bening, biasanya terjadi penumpukan cairan yang disebut limfedema. Tidak menutup kemungkinan, penumpukan racun tersebut dapat memicu munculnya kanker payudara.

Dalam kondisi ini, pijat payudara ternyata memiliki manfaat guna membantu melancarkan proses pembuangan racun pada tubuh yang terperangkap di dalam sistem limfatik. Bahkan, bisa melancarkan peredaran darah guna membawa cukup nutrisi ke jaringan payudara.

2. Melancarkan ASI bagi para ibu menyusui

Menariknya, manfaat pijat payudara juga bisa dirasakan oleh ibu menyusui yang kerap mengeluhkan nyeri pada satu atau kedua payudara. Sebuah penelitian dari Journal of Korean Academy of Nursing telah membuktikan hal tersebut.

Penelitian tersebut menemukan bahwa ibu menyusui yang diberikan pijat payudara selama 30 menit dalam 10 hari setelah melahirkan, merasakan nyeri yang lebih ringan. Hal tersebut berbanding terbalik dengan ibu menyusui lainnya yang tidak diberikan pijatan payudara sama sekali, cenderung merasakan nyeri yang lebih kuat.

Di samping itu, pijat payudara pada ibu menyusui ini juga dikenal bermanfaat untuk menambah pasokan sekaligus kualitas ASI untuk bayi. Risiko terjadinya pembengkakan, tersumbatnya saluran susu, serta infeksi di jaringan payudara juga dapat ditekan jika rutin melakukan pijat payudara.

3. Sebagai deteksi dini kanker payudara

Sebelum masuk ke tahap pemeriksaan dokter, cara paling awal untuk mengecek adanya “bibit” kanker payudara yakni dengan melakukan pijat payudara. Sebuah penelitian yang di tahun 2011 yang dimuat dalam Journal of Women’s Health, melaporkan bahwa sekitar 25 persen wanita dapat mendeteksi lebih dini terkait kanker payudara.

Di sinilah manfaat pijat payudara berperan sebagai pemeriksaan awal, yang akan membantu Anda mengetahui ketika ada yang tidak beres dengan sepasang payudara. Dari penelitian tersebut, kurang lebih 18 persen peserta lainnya menemukan adanya kemungkinan kanker payudara secara tidak sengaja.

Jika saat memijat payudara tanpa sengaja Anda merasakan muncul benjolan berukuran kecil maupun besar, jangan disepelekan. Kanker payudara bukanlah penyakit ringan yang bisa dipandang sebelah mata.

Itu sebabnya, mendeteksi penyakit ini sedini mungkin melalui pijat payudara, bisa semakin mempercepat proses pengobatan sebelum nantinya terlambat.

4. Memperindah payudara

Selain sebagai penunjang kesehatan, manfaat pijat payudara juga bisa membantu memperbaiki penampilan payudara secara keseluruhan. Setiap wanita memiliki karakteristik payudara yang berbeda-beda. Bagi Anda dengan payudara kendur, rutin memijat payudara dipercaya dapat meningkatkan aliran darah ke jaringan payudara.

Alhasil, cara ini bisa menjadi upaya untuk membantu mengencangkan sekaligus memperkuat elastisitas kulit di kedua buah dada ini. Agar lebih mudah, Anda bisa mencoba melakukan pijat payudara ini dengan bantuan minyak seperti minyak zaitun (olive oil).

Baca juga: Apa Benar Meremas Payudara Sendiri Bikin Sehat?

Cara memijat payudara

  1. Gunakan kedua telapak tangan, lakukan gerakan dengan tekanan sedang dari bawah ke atas, di antara kedua payudara Anda. Lakukan gerakan 4-5 kali.
  2. Berikan tekanan dengan lembut bagian puting payudara kanan Anda dengan jari, kemudian pijatlah dengan 2 jari tangan kiri Anda ke arah luar. Lakukan seperti tadi untuk payudara kiri.
  3. Letakkan kedua telapak tangan Anda di atas payudara kanan, kemudian lakukan gerakan memutar sambil di arahkan ke atas. Lakukan seperti tadi untuk payudara kiri.
  4. Letakkan kedua telapak tangan di masing-masing payudara (bagian bawah garis payudara), dengan ibu jari menekan bagian bawah payudara, buat gerakan ke arah dalam.
  5. Letakkan kedua telapak tangan di masing-masing payudara (bagian bawah garis payudara), dengan ibu jari menekan bagian atas payudara, buat gerakan ke arah dalam (seperti merangkum ke arah tengah).
  6. Letakkan kedua telapak tangan di masing-masing payudara (bagian bawah garis payudara), dengan ibu jari menekan bagian atas payudara, gerakkan hanya ibu jari saja ke arah dalam (empat jari lain menyangga bawah payudara).
Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker