Solusi Ketika ASI Tidak Lancar, Begini Tips Spesialnya

Senyumperawat.com – Mayoritas ibu pasti pernah mengalami kondisi ASI tidak lancar keluarnya saat menyusui. Maka solusi untuk mengatasi ASI tidak lancar itu perlu beberapa langkah. Beberapa tips untuk memperlancar ASI tersebut akan kita bahas di bawah.

Tips ibu menyusui agar ASI lancar dan banyak memang perlu untuk diketahui dan juga dipahami. Khususnya bagi para ibu muda yang sedang menyusui. Perlakuan istimewa diperlukan pada payudara untuk mengatasi ASI tidak lancar ini. Mengingat betapa pentingnya nutrisi dalam ASI untuk diberikan pada anak, maka kesungguhan orang tua sangatlah berperan.

Kandungan gizi ASI

ASI mengandung banyak nutrisi khususnya yang akan membantu tumbuh kembang anak. Ada vitamin di situ, mineral dan lain sebagainya. Khususnya kandungan kolostrum pada awal-awal pemberian ASI. Di dalamnya juga ada Imunoglobulin (IgA) yang bermanfaat dan mempunyai fungsi untuk melindungi bayi dari serangan infeksi. Ada pula Ganfliosida (GA) yang mempunyai manfaat serta berperan dalam pembentukan memori serta fungsi otak besar sebagai alat konektifitas sel otak bayi.

Baca juga: Belajar Lagi Soal Asuhan Keperawatan (Askep), Buat yang Sudah Lupa

Ibu yang memang memahami hakikat sebagai ibu, pasti akan sangat mendambakan bisa menyusui anaknya. Meskipun kadang Allah takdirkan berbeda misalkan tidak terproduksi dengan baik. Problem lain yang mungkin timbul bisa karena kondisi ibu tak memungkinkan dari sisi kesehatan untuk memberikan ASI.

Pada saat bayi berumur 0-6 bulan maka Air Susu Ibu (ASI) adalah makanan terbaik bagi bayi. Oleh karenanya ada istilah ASI eksklusif. Bayi yang disusui dengan air susu ibu terlebih dengan ASI Eksklusif akan mendapatkan gizi terbaik yang tidak tergantikan bahkan oleh susu formula yang paling mahal sekalipun.

Solusi untuk ibu dengan ASI tidak lancar

Seorang ibu yang tengah menyusui, mesti mempersiapkan ASI sejak sebelum melahirkan. Biasanya tenaga medis baik dokter spesialis kandungan atau bidan memberikan edukasi soal ini. Misalnya soal Breast Care, yakni teknik dimana si ibu mesti merawat payudaranya sebagai salah satu upaya untuk memperlancar produksi ASI.

Salah satunya dengan memperhatikan kesehatan area payudara. Untuk mencegah puting susu kering dan mudah pecah, maka puting susu (nipple) dan areola payudara dirawat baik-baik dengan dibersihkan menggunakan baby oil/biocream/air sabun/sejenisnya. Bila puting susu masuk ke dalam, hal ini diperbaiki dengan jalan menarik-narik puting secara lembut ke arah luar (dilakukan minimal satu bulan sebelum melahirkan dan jika tidak ada indikasi).

Dilakukannya perawatan payudara ini memiliki beberapa manfaat. Beberapa di antaranya adalah

  1. Memelihara kebersihan payudara
  2. Melenturkan dan menguatkan puting susu
  3. Mengeluarkan puting susu yang masuk kedalam atau datar
  4. Mempersiapkan produksi ASI

Tidak kalah penting pula untuk memperhatikan soal pakaian. Bra yang digunakan harus sesuai dengan pembesaran buah dada, yang sifatnya adalah menyokong payudara dari bawah bukan menekan dari depan.

Teknik pemijatan payudara

Step 1

  • Licinkan telapak tangan dengan sedikit minyak/baby oil
  • Kedua tangan diletakkan diantara kedua payudara ke arah atas, samping, bawah, dan melintang sehingga tangan menyangga payudara
  • Lakukan 30 kali selama 5 menit

Step 2

  • Licinkan telapak tangan dengan minyak/baby oil
  • Telapak tangan kiri menopang payudara kiri dan jari-jari tangan kanan saling dirapatkan
  • Sisi kelingking tangan kanan memegang payudara kiri dari pangkal payudara kearah puting, demikian pula payudara kanan
  • Lakukan 30 kali selama 5 menit

Step 3

  • Licinkan telapak tangan dengan minyak
  • Telapak tangan kiri menopang payudara kiri
  • Jari-jari tangan kanan dikepalkan, kemudian tulang kepalan tangan kanan mengurut payudara dari pangkal ke arah puting susu
  • Lakukan 30 kali selama 5 menit

Setelah dilakukan itu semua, kompres dengan air hangat. Caranya dengan membasahi handuk bersih dengan air hangat itu lalu tempelkan ke payudara. Diamkan kurang lebih 5 menit.

Baca juga: Tutorial Lengkap Mendaftar Sebagai Petugas Kesehatan Haji 2020

Tahap terakhir adalah membersihkan puting susu. Bisa dengan menggunakan minyak/baby oil agar kotoran-kotoran keluar tidak bertumpuk. Penting untuk dilakukan agar tidak terhisap oleh bayi.

Tips lain untuk mengatasi ASI tidak lancar

Asupan nutrisi amatlah penting. Sebab, apa yang ibu makan maka akan mempengaruhi produksi ASI. Makin berkualitas makanan yang dikonsumsi ibu maka kandungan gizi ASI juga akan semakin baik. Beberapa sajian alam berikut ini bisa dicoba untuk menunjang produksi ASI para bunda.

  • Daun Katuk. Resep dari nenek moyang yang sampai sekarang masih dipercaya ampuh mengatasi ASI tidak lancar. Kandungan didalamnya antara lain vitamin A, C, B1, zat besi, kalium, protein, fosfor, sterol, alkaloid, dan juga asam seskuiterna.
  • Kacang Kedelai. Kandungan phytoestrogen didalamnya jika dikonsumsi secara rutin oleh para ibu yang menyusui akan membantu ibu untuk meningkatkan produksi ASI.

Satu hal lagi yang begitu penting dan jangan sampai terabaikan, hindari stres. Ketika bayi lahir, memang ada sindrom yang sering disebut baby blues. Jika hal itu sampai terjadi, jangan sampai membebani psikis ibu. Sebab, kondisi stres akan sangat mempengaruhi hormonal bagi wanita. Oleh karena itu, siasati dengan memperbanyak berdzikir, membaca Al Quran dan ibadah lain. Suami sangat dibutuhkan pada masa ini untuk bisa mendampingi istri meningkatkan kepercayaandirinya untuk menjadi seorang ibu.

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker