Deteksi Dini Kanker Serviks, Coba Pemeriksaan Pap Smear

Deteksi Dini Kanker Serviks, Coba Pemeriksaan Pap Smear

Senyumperawat.com – Bicara soal kanker serviks, tak lepas dari pemeriksaan Pap Smear. Ini adalah sebuah metode zaman now yang dapat dijadikan sebagai upaya deteksi dini kanker serviks. Penyakit yang sampai hari ini masih memberikan was-was kepada para kaum perempuan.

Mungkin ada dari pembaca yang belum mengetahui lebih dalam soal metode Pap Smear Test. Mari kita belajar bersama. Simak baik-baik dan jangan lupa tinggalkan komentar setelah membaca tulisan ini. Penting untuk dipahami bersama bahwa upaya preventif selalu digalakkan. Sebelum semua hal menjadi tidak bisa diantisipasi, akan lebih baik jika ditanggulangi.

Muat Lebih

Baca juga: Gejala Kanker Payudara yang Paling Jelas

Kanker mulut rahim ini merupakan jenis kanker yang sering terjadi pada wanita, juga merupakan penyebab kematian nomor satu dari jenis kanker yang menyerang wanita. Tetapi kanker leher rahim stadium dini yang cepat ditangani dapat sembuh 100%. Artinya, semakin dini penyakit kanker diketahui maka semakin mudah menanganinya.

Mengenal lebih dalam tentang pemeriksaan Pap Smear

Ini merupakan sebuah pemeriksaan kesehatan pada organ reproduksi wanita. Titik fokusnya adalah bagian serviks atau leher rahim. Cara pemeriksaan pap smear secara sederhanya yaitu dilakukan dengan cara memasukkan alat (spekulum) ke dalam organ intim. Kemudian akan di ambil sample sel dengan menggunakan spatula. Kemudian sampe sel tersebut akan di periksa di laboratorium. Sampel berupa lendir dari organ serviks yang kemudian lendir tersebut dianalisis untuk mencari tahu apakah ada tanda-tanda kanker.

Termasuk juga dilakukan pemeriksaan mikroskopis. Uji Pap smear adalah suatu metode skrining ginekologi yang di cetuskan oleh Papanikolou. Tujuan dari pemeriksaan ini adalah untuk mendeteksi kanker mulut rahim. Seperti diketahui bahwa kanker ini disebabkan oleh Human Papiloma Virus (HPV).

Lalu kira-kira, siapa saja yang dianjurkan melakukan pemeriksaan ini?

Sebenarnya tiap wanita boleh saja jika ingin melakukan tes Pap Smear. Namun, memang ada kriteria tertentu bagi wanita yang sangat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan Pap Smear. Beberapa di antaranya adalah wanita yang telah menikah dan juga wanita yang telah melakukan hubungan intim (jima’).

Kapan baiknya melakukan uji Pap Smear?

Waktu yang dianjurkan untuk melakukan uji Pap Smear adalah setiap saat di luar masa haid secara teratur. Untuk lebih tepatnya, boleh saja Anda melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kepercayaan keluarga. Diskusikan kapan waktu yang tepat tersebut. Kemudian, jangan lupa kapan mesti dilakukan pemeriksaan berikutnya. Sebab, yang namanya virus memang tak mudah diajak bersahabat.

Baca juga: Anti Kanker Herbal Itu Bernama Daun Pepaya

Ada pun fakto resiko bisa saja terjadi. Khususnya bagi kaum wanita yang memiliki kriteria seperti di bawah ini:

  • Mempunyai aktifitas seksual pada saat remaja.
  • Saat akan diperiksa mempunyai riwayat hubungan seksual dengan pasangan yang berbeda-beda.
  • Mempunyai riwayat penyakit menular seksual.
  • Keluarga mempunyai riwayat penyakit kanker serviks.
  • Adanya infeksi human papilloma virus (HPV).
  • Sebagai perokok baik aktif maupun pasif, zat nikotin serta “racun” lain yang masuk ke dalam darah melalui asap rokok mampu meningkatkan kemungkinan terjadinya kondisi cervical neoplasia atau tumbuhnya sel-sel abnormal pada rahim.

Kurang lebih demikian pembahasan singkat soal Pap Smear. Bagi sobat pembaca yang sekiranya termasuk dalam kategori wanita yang dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan ini, tak ada salahnya didiskusikan lebih lanjut. Khususnya dengan keluarga agar dapat diantisipasi sejak dini jika ada hal-hal yang berpotensi mengganggu aktivitas ke depan. Jika ada hal-hal yang perlu didiskusikan, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar.

Pos terkait