RSUD Ulin Banjarmasin Bangun Pusat Pelayanan Jantung Terpadu

Senyumperawat.com – Pusat Pelayanan Jantung Terpadu telah menjadi salah satu program baru di RSUD Ulin Banjarmasin. Melalui program ini, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan terus berupaya menambah fasilitas kesehatan bagi masyarakat.

Wakil Direktur Umum dan Keuangan RSUD Ulin Banjarmasin, Muhammad Syah Jehan mengatakan, detail engineering design (DED) untuk rancangan pembangunan PPJT sudah siap di tahun 2019 ini.

“Kerja sama dengan RS Jantung Harapan Kita Jakarta juga sudah dilakukan dengan mengirim pegawai RS Ulin mengikuti pelatihan di sana,” ucapnya ketika ditemui di ruang kerjanya akhir pekan tadi.

Dijelaskannya lagi, dengan adanya PPJT nanti, RSUD Ulin bisa memberikan layanan yang sama seperti di RS Jantung Harapan Kita. Jadi bukan hanya pasang ring, kateter jantung, tetapi juga melakukan bedah jantung dan pelayanan lainnya.

“Masyarakat memang sangat memerlukan Pusat Pelayanan Jantung Terpadu. Selama ini masyarakat yang ingin berobat untuk pelayanan khusus jantung harus pergi jauh ke pulau seberang, belum lagi di sana nomor antreannya lumayan panjang. Jadi masyarakat sangat mengharapkan segera terealisasinya PPJT Rumah Sakit Ulin,” jelasnya.

Menurutnya, bila PPJT RSUD Ulin sudah beroperasi, RS Jantung Harapan Kita bisa terbantu dan masyarakat bisa terlayani.

“Saya juga bertemu dengan manajemen RS Harapan Kita. Mereka sangat senang karena jadi terbantu jika daerah bisa memberikan layanan seperti mereka. Jika nanti sudah selesai, PPJT ini merupakan salah satu layanan unggulan di RS Ulin, karena menjadi satu-satunya di Kalimantan. Gedungnya menyatu di lingkungan RSUD Ulin Banjarmasin. Tinggi gedung rencananya 8 lantai,” imbuhnya.

Saat ini, lanjut Jehan, sumber daya manusia RSUD Ulin Banjarmasin mulai tenaga kesehatan seperti dokter, perawat dan lainnya juga sudah siap dan akan mulai melakukan pelatihan ke RS Jantung Harapan Kita.

“Semoga pada tahun 2020 PPJT RSUD Ulin sudah terbangun. Rencananya pembangunan sekitar 2 tahun, sehingga pada 2021 akhir sudah bisa operasional melayani masyarakat,” harapnya. (Kalsel Prokal/BD)

Tags

Destur Purnama Jati

Seorang penulis blog dan juga Youtube creator. Selain itu juga berkiprah di dunia EO (Event Organizer) terutama dibidang kesehatan. Terkadang juga mengisi pelatihan seputar PPGD dan sejenisnya.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker