Dokter, Perawat dan Bidan Dominasi Kuota Rekrutmen ASN 2019

Senyumperawat.com – Kuota rekrutmen ASN 2019 untuk tenaga kesehatan dan guru mendapatkan porsi terbesar. Hal ini diutarakan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin. Profesi tenaga kesehatan yang dimaksudkan antara lain adalah dokter, perawat dan bidan.

“Masih formasi guru serta tenaga kesehatan, terutama perawat, bidan, dokter,” kata Syafruddin di Gedung Bina Graha, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (2/7/2019) dikutip dari Tirto.

Oleh karena kuota untuk beberapa profesi ini lebih besar, kata dia, maka rekrutmen PNS untuk jabatan administratif akan dikurangi. “Tenaga administratif akan kita kurangi,” ujar dia.

Baca juga: Lulus Kuliah Keperawatan & Kebidanan Itu Tak Mudah, Eh Masa Gajinya Rp 50 Ribu Sebulan

Ia mengatakan, skema rekrutmen akan dilakukan secara dinamis. Sementara itu, ketika ditanya mengenai apakah pemerintah akan melakukan skema ranking, Syafruddin mengatakan, rekrutmen PNS akan fokus pada angkatan muda. Tentunya generasi muda tersebut diharapkan lebih dapat memberikan totalitas pekerjaan yang bisa maksimal.

“Akan dibuat sistem sedinamis mungkin, sebagus mungkin untuk kepentingan bagaimana kualitas SDM itu bisa kita rekrut, kemudian tidak menafikan kebutuhan individu, generasi muda, yang ingin mengabdi pada negara,” jelas dia.

Untuk diketahui, seleksi penerimaan ASN akan dimulai pada September 2019. Pemerintah sudah membuka tahap pertama dari proses seleksi pada Januari 2019. Kemudian proses seleksi akan kembali dibuka sekitar 17 Agustus dan September 2019.

Sementara itu, untuk penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)/ASN tahun ini akan dilaksanakan pada Oktober 2019. Satu hal penting pula, kuota rekrutmen ASN 2019 ini lebih mengutamakan profesi kesehatan dan pendidik/guru. Sistem pendaftaran ASN kini sudah serba online. Pastikan bahwa informasi yang berkenaan tentang rekrutmen ASN 2019 ini bersumber dari sumber yang terpercaya untuk menghindari tersebarnya kabar hoax.

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker