Update Terbaru Mekanisme Pembuatan STR Bayarnya Pakai MPN G2, Apa Itu?

Senyumperawat.com – Untuk membuat STR, sekarang MTKI telah merilis aplikasi STR Online. Ini merupakan mekanisme pembuatan STR terkini. Seluruh berkas yang berkenaan dengan syarat STR, bisa diunggah melalui online. Nah, termasuk dengan metode pembayarannya juga sekarang dengan billing code (bahasa sederhananya).

Update terbaru mekanisme pembuatan STR

Hal ini disampaikan tertulis jika Anda membuka website mtki.kemkes.go.id. Ada beberapa pengumuman yang tertulis. Di antaranya adalah

  1. Rekening PNBP melalui Bank BRI No. BPn. 182 019301001868307 an Pusat Peningkatan Mutu SDM Kesehatan untuk pembayaran penerbitan STR ditutup secara permanen mulai tanggal 21 Desember 2018
  2. Mulai tanggal 2 Januari 2019 registrasi STR online dibuka dengan mekanisme baru:
  3. Seluruh permohonan STR, baik untuk tenaga kesehatan > DIII maupun < DIII akan dilakukan melalui aplikasi STR online versi 2.0 dengan alamat ktki.kemkes.go.id.
  4. Seluruh berkas persyaratan permohonan STR diunggah/upload melalui aplikasi STR online versi 2.0.
  5. Pembayaran untuk permohonan STR dilakukan setelah mendapatkan kode billing SIMPONI di aplikasi STR online versi 2.0.
  6. Pemohon dapat mengambil STR di Kantor Pos Kecamatan terpilih dengan membawa bukti Kartu Identitas Pribadi berupa KTP/SIM. Jika pemohon berhalangan maka dapat memberikan kuasa kepada orang lain dengan membawa surat kuasa yang ditandatangahi oleh pemohon di atas materai 6000 dan fotokopi KTP/SIM pemohon.

Apa itu MPN G2?

Modul Penerimaan Negara(MPN)adalah suatu sistem berbasis teknologi informasi yang terpadu dan mengintegrasikan proses penerimaan, penyetoran, pengumpulan data, pencatatan, pengikhtisaran, sampai dengan pelaporan yang berhubungan dengan penerimaan negara.

Tujuan pembangunan MPN adalah untuk memberikan pelayanan terbaik bagi Wajib Pajak/Wajib Bayar/Wajib Setor dan menyediakan data penerimaan yang relevan dan reliable yang dapat digunakan oleh semua instansi terkait (Ditjen Pajak, Ditjen Bea dan Cukai, Ditjen Anggaran, Ditjen Perbendaharaan, dan Ditjen Perimbangan Keuangan).

Selengkapnya bisa disimak brosur resmi Kemenkeu berikut ini:

Penjelasan tentang MPN G2

Contoh cara pembayaran MPN G2

Alat transaksi yang praktis saat ini adalah melalui aplikasi internet banking atau mobile banking, kini hampir semua bank telah merilisnya. Salah satu bank yang admin pakai adalah BRI Syariah. Untuk pembayaran MPN G2, kini pihak BRI Syariah telah memperbarui aplikasinya. Salah satu update tersebut adalah dengan adanya tambahan aplikasi untuk pembayaran MPN G2.

Berikut ini contohnya:

Cara membayarnya menjadi cukup sederhana. Update mekanisme pembuatan STR untuk proses pembayaran ini hanya memerlukan kode billing. Kemudian, kode itu dimasukkan ke kotak yang bertuliskan “Kode Pembayaran”. Lalu klik “Kirim” dan muncul permintaan password ATM. Beda bank tentunya akan berbeda aplikasi. Sesuaikan dengan aplikasi internet banking yang ada pada ponsel Anda.

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker