Panduan Lengkap Pendaftaran Rekrutmen PKHI (Petugas Kesehatan Haji Indonesia)

Senyumperawat.com – Sebagai umat Islam, pasti sangat mendambakan ingin pergi beribadah ke tanah suci. Tak terkecuali para tenaga kesehatan. Oleh karenanya, ketika ada pendaftaran rekrutmen PKHI (Petugas Kesehatan Haji Indonesia) pasti banyak yang ingin ikut serta.

Rejeki memang di tangan Allah, namun manusia diberikan bagian untuk berusaha. Maka dari itu, jika Anda ingin bisa lolos terpilih sebagai PKHI, maka Anda harus ikhtiar terlebih dahulu. Pertama yang mesti dilakukan adalah melakukan registrasi online rekrutmen PKHI.

Panduan lengkap pendaftaran rekrutmen PKHI

Berikut ini langkah-langkah registrasi online Rekrutmen PKHI. Silakan simak dengan baik dan pastikan tiap langkahnya Anda lalui dengan benar.
Langkah-langkah registrasi online Rekurtmen PKHI
1. Daftar Akun

Peminat wajib memiliki akun rekurtmen PKHI, akun tersebut berfungsi sama seperti akun pada email atau sosial media. Setiap peminat hanya diperbolehkan memiliki satu akun. Pembuatan akun melebihi satu melanggar ketentuan dan dapat menyebabkan diskualifikasi. Bagi peminat yang sudah membuat/memiliki akun dipersilahkan menggunakan akun tersebut dan tidak perlu membuat/mendaftar kembali. Akun berlaku untuk selamanya terkecuali ada perubahan dalam No identitas/KTP.

Baca juga: Mendaftar Petugas Kesehatan Haji Indonesia 2020 Bisa Dimulai Tahun Ini

Langkah Pembuatan / Pendaftaran Akun PKHI

Langkah Pembuatan / Pendaftaran Akun PKHI

  • Masuk ke web rekrutmen PKHI di http://puskeshaji.depkes.go.id/rekrutmen
  • Klik icon “BUAT AKUN”
  • Baca dan cermati peraturan dan klik “Next”
  • Lengkapi seluruh data pribadi kecuali email alternatif yang dapat dikosongkan. Nama harus tiga kata. Tanggal lahir harap diisi sesuai format. Bila nama hanya satu kata silahkan ditambahkan nama ayah dan kakek. Bila nama dua kata dapat ditambahkan nama ayah saja. Setelah dilengkapi klik “Next”.
  • Baca dan cermati konfimasi, bila sudah sesuai dan yakin klik “Submit” untuk memproses pendaftaran akun.
  • Konfirmasi muncul setelah proses selesai. Bila berhasil muncul data Nomor Akun dan Password yang akan dikirimkan juga ke alamat email yang telah didaftarkan.

Nomor Akun dan Password

2. Login

Login akun PKHI

Setelah memiliki akun, peminat dapat login ke aplikasi dengan memasuka nomor akun dan password kemudian “Login” pada menu login. Nomor akun diiskan lengkap dari mulai NA dan 10 digit angka. Password diisi sama persis termasuk besar kecil dan tanda bacanya. Peminat yang lupa nomor akun atau password dapat menggunakan fasilitas “Lupa Password”.

3. Pengambilan Nomor Registrasi

Langkah pertama setelah Login, peminat dapat melakukan pengambilan NR dengan cara terlebih dahulu melakukan Pemilihan jenis tugas yang tergantung dengan Pendidikan (sesuai minat tugas) yang dipilih. Jika sudah memilih, klik tombol “Save”. Jika berhasil maka peminat akan memiliki NR. Pasangan suami istri tidak diperbolehkan mendaftar /mengambil NR.

Baca: Syarat Membuat NIRA PPNI dan Iuran Wajib yang Mesti Dibayarkan

4. Lengkapi Data

Peminat dapat memperbaiki dan melengkapi data pada menu “PENGISIAN DATA”. Ada dua menu utama yang perlu diakses untuk mengisi data “INPUT BIODATA & PENDIDIKAN” dan “INPUT DATA PEKERJAAN & SERTIFIKAT”. Isi dan
lengkapi data sesuai dengan format pengisian yang diminta.

BIODATA & PENDIDIKAN

  • Perbaiki dan lengkapi data pribadi dan data ijazah pada menu ini.
  • Data pribadi diisi sesuai data terbaru
    /update.Data pribadi dapat diedit dan diubah, kecuali No. KTP dan alamat email utama.
  • Data ijazah diisi sesuai dengan ijazah yang dimintakan.Ijazah yang wajib diisi tidak boleh kosong adalah ijazah SMA. Ijazah lain diisi sesuai pendidikan yang telah ditempuh dan sesuai peminatan tugas.

PEKERJAAN & SERTIFIKAT

  • Pendidikan (sesuai minat tugas): pilih pendidikan yang sesuai dengan pemilihan dan ketentuan tugas saat mendaftar PKHI.
  • Kemampuan Bahasa Asing: pilih jenis sertifikat kemampuan dan skornya. (data pendukung boleh tidak diisi)
  • Riwayat Kesehatan: pilih riwayat merokok dan keikutsertaan asuransi kesehatan. (asuransi kesehatan data pendukung boleh tidak diisi) Sertifikat seminar/symposium Kes.
  • Haji: pilih YA jika memiliki dan pernah mengikuti (data pendukung boleh tidak diisi)
  • Sertifikat kegawatdaruratan: pilih sesuai sertifikat yang dimiliki, maksimal 5 macam. (data pendukung boleh tidak diisi)
  • Pengalaman Berhaji: isi riwayat berhaji, baik sebagai petugas ataupun Jemaah. Bila tidak pernah silahkan dipilih TIDAK PERNAH.
  • Pengalaman sebagai Tim: isi no SK dan pilih sebagai panitia dalam kegiatan apa dalam kegiatan kesehatan haji. (data pendukung boleh tidak diisi)
  • Pekerjaan Sekarang: diisi data pekerjaan terbaru yang sedang dijalani. Nama unit kerja diharapkan dapat dipilih dari daftar yang muncul saat mengetik nama instansi.

5. Tes Potensi Pendaftaran Rekrutmen PKHI

5.Tes Potensi

Peminat yang sudah mendaftar / mengambil NF pada periode tahun berjalan,selanjutnya dapat mengikuti tes potensi. Tes potensi merupakan tes yang dilakukan secara online, berisi 100 soal dalam beberapa kategori dalam waktu 100 menit. Peminat diberikan lima kali kesempatan untuk mengikuti tes. Nilai paling besar akan diambil sebagai skor penilaian. Untuk mengikuti tes potensi bisa diakses dari menu “PENDAFTARAN” => “TES POTENSI”.

6. E-Filling

Guna keperluan seleksi berkas, peminat harus mengupload beberapa berkas termasuk formulir-formulir yang telah diisi lengkap. Perhatikan jenis dan ukuran filenya sesuai dengan ketentuan. File yanng diupload bisa asli atau fotocopy (diutamakan asli), terkecuali untuk formullir yang didownload dan di

tandatangani, stempel dan materai harus file asli.Daftar file yang diupload mengacu pada Kelengkapan Data Elektronik PKHI 2019. Untuk mengupload dilakukan pada menu “PENGISIAN DATA” => “E-FILLING”.

“Upload file kemudian tekan Save”.

Informasi Tambahan

Pada bagian atas halaman terdapat empat menu utama.

  • Home, berisi ucapan selamat datang dan sepintas penjelasan Rekrutmen PKHI.
  • Prosedur, berisi informasi Update tentang Rekrutmen PKHI.
  • FAQ, berisi tanya jawab permasalahan / kendala yang sering muncul.
  • Kontak, berisi informasi kontak rekrutmen PKHI.

Sumber: Panduan Penggunaan Aplikasi Peminat/Pendaftar

Panduan Penggunaan Aplikasi Peminat/Pendaftar
Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker