Lihat Spanduk Ini, Apa Bedanya Pengangguran Berijazah SMA dengan Pengangguran Sarjana?

Lihat Spanduk Ini, Pilih Jadi Pengangguran Tapi Bergaji Atau Kerja Tapi Bergaji di Bawah UMR

Senyumperawat.com – Soal kebijakan presiden Jokowi yang ingin menggaji pengguran mendapatkan kritik pedas dari perawat dan dokter di media sosial. Kebijakan itu dinilai bukan solusi atas persoalan yang dihadapi para pengangguran. Sebagian mereka menilai bahwa kebijakan itu justru membuat pengangguran semakin betambah karena mendapatkan jaminan gaji.

Di sisi lain, persoalan BPJS kesehatan masih belum tuntas. Defisit yang hitungannya tidak sedikit itu belum tertutupi. Sedangkan utang negara masih terus bertambah. Akibatnya, gaji dokter, perawat dan tenaga medis lain terkorbankan.

Muat Lebih

Kritik pedas dari perawat, dokter dan tenaga kesehatan lain

Seperti diungkapkan oleh Dr. Prima P,SpOG,MPH dalam twitnya. Ia mengkritik kebijakan itu sesuai kapasitasnya sebagai dokter.

[tds_info]”Dari pada gaji pengangguran mending ngurusin BPJS Kesehatan. banyak dokter, dokter gigi, perawat, bidan, tenaga kesehatan lain dan tenaga non kesehatan di rumah sakit yang SUDAH bekerja dan tidak digaji tepat waktu mendapatkan hak nya secara benar”, tulisnya dengan akun Twitter @dokter_prima.[/tds_info]

Persoalan gaji memang sensitif dalam dunia profesional. Banyak tenaga profesional dikorbankan karena kebijakan BPJS kesehatan yang kurang baik. Namun justru pemerintah akan menjamin pengangguran dengan gaji bulanan.

Tidak kalah kritis, akun @ratu_junty juga berkomentar.

[tds_info]Jadi pengangguran di gaji itu enak loh..
Dr pada jd perawat sklah lama bertahun2 dan jd guru jg skolah lama hy mendapatkan gaji 300/ bl..
Enaka nganggur di gaji 150-300
Hebat lho..[/tds_info]

Terkait gaji honorer yang masih belum tuntas juga disuarakan oleh akun @latiffa_sari. Ia menilai bahwa alangkah lebih baik jika persoalan gaji guru honorer, perawat dan lainnya diselesaikan terlebih dahulu. Masih banyak yang gajinya di bawah UMR.

Setuju .. lagian kalau pengangguran di beri uang , maka pelemahan ekenomi juga akan terjadi karena perputran uang hanya utk konsumsi tnpa produksi. Benahi dulu saja kelayakan gaji guru , perawat , dan buruh2 yg masih di bwah umr.


Pada 3 Maret 2019, akun @MartonyCalveinK menuliskan twit yang berisi kritik serupa. Ia mempertanyakan kewarasan dari pembuat kebijakan gaji bagi pengangguran.

[tds_info]”Mending Perawat TKS dan Honorer berhenti biar jadi pengangguran.
Lumayan dapat gaji.
#KAMU_WARAS?”[/tds_info]

Pos terkait