Kartu Kesehatan Haji Mudahkan Pantau Kesehatan Jama’ah

Senyumperawat.com – Kementerian Kesehatan mengeluarkan kartu kesehatan haji untuk memudahkan Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) memonitoring kondisi kesehatan jamaah. Kartu tersebut telah terintegrasi dengan Sistem Informasi Kesehatan Jemaah Haji Indonesia (Siskohatkes).

Pada musim haji tahun ini Kemenkes mengeluarkan kartu penanda kesehatan jemaah haji. Hal ini berbeda dari tahun sebelumnya dimana Kemenkes memberikan gelang kesehatan dengan tiga warna; merah, kuning dan hijau yang disesuaikan dengan kategori kondisi kesehatan jemaah.

“Pada kartu itu terdapat barcode untuk mengakses data-data kesehatan jemaah pada Siskohatkes yang terintegrasi dengan Siskohat Kemenag. Pada kartu itu juga terdapat penanda kesehatan jemaah haji dengan menggunakan satu warna, oranye,” kata Sekjen drg. Oscar, Jumat (21/6) di Jakarta.

Sesjen menambahkan inovasi ini disebutnya sangat membantu, mengingat Indonesia memiliki jumlah jemaah haji terbesar di dunia. Pada musim haji kali ini, Indonesia akan memberangkatkan 231 ribu jemaah haji.

Ketersediaan data digital yang melekat pada jemaah ini diharapkan dapat membantu petugas di lapangan untuk lebih cepat memberikan pertolongan bila ada jemaah yang membutuhkan penanganan. (Kemkes/BD)

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker