Beberapa Keistimewaan RSUD Syariah Kota Tangerang

Senyumperawat.com – RSUD Kota Tangerang merupakan RS milik pemerintah yang baru saja menjadi RS Syariah di tahun 2019 ini. Meski begitu, RS ini ternyata telah mampu memberikan manfaat yang luar biasa bagi masyarakat dengan adanya penerapan 2 standar pelayanan mutu, yakni SNARS (Standar Nasional Akreditasi RS), dan Standar Pelayanan RS Syariah.

RS yang bertipe C ini telah terstandar paripurna pada tahun 2017, dan mendapat penghargaan sebagai pelayanan publik sangat baik dari Pemerintah Pusat pada tahun 2018. Tak heran, bila banyak masyarakat yang menyukai RS ini.

“Sejauh ini masyarakat yang datang ke kita justru mendapatkan manfaat yang luar biasa karena adanya 2 standar mutu tersebut, yakni Standar Nasional Akreditasi RS (SNARS), dan Standar Pelayanan RS Syariah,” papar Direktur Utama RSUD Kota Tangerang, dr. H. Feriyansyah, MKM.

Beberapa standar pelayanan RS Syariah yang ditonjolkan antara lain gizi halal yang berupaya memastikan pasien mendapat gizi yang halal dan thoyibah. Dengan ini pula, pasien tak perlu khawatir tentang status kehalalan makanan yang dimakan.

“Dengan menerapkan prinsip syariah, kita tidak secara khusus seakan mensyariatkan orang-orang. Tapi kita memberikan pelayanan yang tidak hanya ‘pelayanan’ saja, tapi juga pelayanan yang sesuai standar syariah. Gizi halal misalnya, bahan-bahan yang kita pakai semuanya halal dan telah mendapat sertifikasi dari MUI. Laundry kita juga laundry halal, tidak bercampur antara yang najis dan tidak,” imbuhnya.

Meminta Persetujuan Pasien sebagai Prosedur

Menurutnya, penerapan ini sama sekali tidak mengandung unsur paksaan. Sebab ketika pasien baru masuk RS, RSUD Kota Tangerang mengadakan general consul. Sehingga telah disampaikan lebih dulu hal-hal terkait pelayanan yang akan diterapkan.

“Dari situlah nanti pasien menyetujui atau tidak, mereka akan tanda tangan. Tapi sejauh ini karena mereka mendapatkan manfaat yang sama dan luar biasa, jadi mereka menerima dengan baik. Untuk pasien non muslim pun, kita ada bimbingan kerohanian keagamaan, karena kita ada kerjasama dengan agama lain, kita panggil dan gratis tanpa dipungut biaya,” akunya.

Di samping itu, RSUD Tangerang juga memiliki program inovatif Sapa Cinta sebagai keunggulan tersendiri. Sapa Cinta adalah kegiatan doa bersama untuk kesembuhan pasien yang dilakukan oleh pegawai RSUD dengan pemuka agama dengan berkeliling mengunjungi pasien sesuai dengan kepercayaan masing-masing.

Melalui program Sapa Cinta ini, pasien menjadi bersemangat karena menyadari bahwa banyak orang yang peduli dan menyayangi mereka. Mereka juga berbahagia karena didoakan agar cepat sembuh.

Tak hanya itu, RS ini juga memiliki Klinik Cemara yang melayani pasien Orang Dengan HIV AIDS (ODHA) untuk berkonsultasi dan memberikan pelayanan lainnya.

5 tahun berdiri, hingga saat ini RSUD Kota Tangerang terus berupaya mengupgrade pelayanan hingga tetap menjadi RS dengan pelayanan terbaik yang tak membeda-bedakan antar pasien. (Mukisi/BD)

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker