Aplikasi Buat Ngecilin Foto yang Mau Diupload Untuk Pengajuan STR

Senyumperawat.com – Surat Tanda Registrasi (STR) merupakan syarat mutlak bagi tenaga medis dan tenaga kesehatan untuk mengaplikasikan ilmunya secara legal. Pemerintah telah mengeluarkan aturan tersebut untuk meningkatkan standar dari tenaga medis dan tenaga kesehatan di Indonesia.

Kini, proses pengajuan STR tersebut telah mengalami perubahan menjadi lebih praktis. Jika dulu mesti dilakukan secara manual dengan mengantarkan berkas-berkas pengajuan STR ke MTKI atau PPNI setempat, kini bisa dilakukan mandiri secara online.

Pengajuan STR online bisa diakses melalui website http://ktki.kemkes.go.id/registrasi. Website tersebut akan menyajikan formulir-formulir yang mesti diisi dengan sesuai. Termasuk ketentuan-ketentuan berkas yang diunggah.

Persyaratan untuk pengajuan STR online

Saat membuka laman KTKI untuk melalukan pendaftaran STR, Anda akan mendapatkan pemberitahuan penting. Beberapa poin yang mesti diperhatikan antara lain:

  1. Harap dipersiapkan file yang akan diupload sebagai berikut :
    • Foto: ukuran foto maksimal 200 Kb, latar belakang merah, posisi tegak dengan format png, jpg, atau jpeg.
    • KTP: ukuran file maksimal 1 Mb, dengan format png, jpg, atau jpeg.
    • Ijazah, sertifikat kompetensi, surat sehat, surat sumpah profesi, dan surat pernyataan patuh pada etika profesi : ukuran file maksimal 1 Mb, dengan format pdf.
  2. Dinas Kesehatan Provinsi tetap berkewajiban melakukan pembinaan profesi dan registrasi tenaga kesehatan di provinsi masing-masing dan masih melakukan legalisir untuk keabsahan STR tenaga kesehatan yang telah terbit.
  3. Bagi Pemohon Registrasi Baru lulusan dan Naik Level wajib lulus Uji Kompetensi dan pastikan sudah memiliki Sertifikat Kompetensi :
  4. Profesi D3 Perawat, Ners dan D3 Bidan terhitung tanggal 1 Agustus 2013, D4 Perawat mulai tanggal 1 Januari 2015, D4 Bidan mulai tanggal 1 Januari 2018.
  5. Profesi Kesmas terhitung mulai tanggal 1 Januari 2017
  6. Profesi Elektromedik, Terapi Wicara, Teknik Laboratorium Medik, Rekam Medik, Gizi, Radiografi, Terapis Gigi dan Mulut, Okupasi Terapis, Refraksi Optisi, Teknik Gigi, Kesehatan Lingkungan, dan Akupuntur terhitung mulai tanggal 24 November 2018.
  7. Bagi Pemohon Re-Registrasi / Registrasi Ulang STR pastikan sudah memiliki Surat Rekomendasi kecukupan SKP dari Organisasi Profesi masing-masing
  8. Pembayaran PNBP untuk Registrasi STR menggunakan sistem MPN G2 / Simponi melalui Kode Billing yang didapatkan pada saat proses Registrasi Online
  9. Untuk keamanan data anda, Registrasi STR Online WAJIB menggunakan EMAIL PRIBADI dan dilakukan secara MANDIRI.
  10. Kesalahan dalam pengisian data menjadi Tanggung Jawab Pemohon
    STR akan dikirimkan kepada pemohon melalui Kantor Pos Kecamatan yang telah dipilih oleh pengusul pada aplikasi STR Online versi 2.0
  11. Pemohon dapat mengambil STR di Kantor Pos Kecamatan terpilih dengan membawa bukti Kartu Identitas Pribadi berupa KTP/SIM. Jika pemohon berhalangan maka dapat memberikan kuasa kepada orang lain dengan membawa surat kuasa yang ditandatangani oleh pemohon di atas materai 6.000 rupiah dan fotokopi KTP/SIM pemohon.

Aplikasi untuk mengecilkan file foto

Salah satu masalah yang mungkin terjadi saat mengunggah file adalah ukuran file terlalu besar. Sudah disebutkan dalam ketentuan di atas batasan ukurannya. Nah, bagi Anda yang belum paham cara mengecilkan file tersebut, coba aplikasi ini.

aplikasi buat ngecilin foto
Aplikasi PhotoScape dapat Anda gunakan sebagai alternatif. Bisa diunduh secara gratis. Setelah diinstal, buka aplikasi ini. Akan muncul tampilan seperti pada gambar. Pilih menu “Editor” untuk mengedit foto atau gambar. Copy file foto yang ingin diedit atau bisa dicari melalui menu pencarian setelah meng-klik menu Editor.
Untuk mengatur ukuran foto, bisa gunakan menu “Resize”.
Anda bisa mengatur ukuran foto atau gambar sesuai kehendak Anda. Tapi pastikan sesuai dengan rasio ukuran yang diminta. Misalkan foto itu secara bawaan berukuran 3X4, maka jika mau mengecilkan atau membesarkan ukurannya, pastikan pilihan “Preserve aspect ratio” dicentang. Fungsinya agar ukuran panjang dan lebarnya konsisten ketika diperkecil atau diperbesar.
Setelah proses editing selesai, untuk menyimpan file caranya dengan mengklik tombol “CTRL dan S”. Kemudian muncul menu seperti di atas. Kapasitas file foto yang mesti diunggah dalam pengajuan STR adalah 200kb dan untuk KTP 1MB. Semua itu bisa Anda atur di sini. Caranya tinggal menggeser kursor pada menu “JPEG Quality”. Jika digeser ke kanan untuk memperbesar ukuran file, jika ke kiri untuk mengecilkan. Jika sudah sesuai dengan persyaratan, silakan klik “Save” paling atas jika ingin menyimpan dengan nama file yang sama. Atau “Save as” jika ingin disimpan di folder dan nama file lainnya.
Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker