Tips Puasa Untuk Penderita Maag

0
Tips Puasa Untuk Penderita Maag

Senyumperawat.com – Kondisi lambung yang tidak nyaman, akan mendapatkan rehabilitasi saat puasa. Maksudnya, sebenarnya puasa sangatlah baik bagi penderita maag. Lambung yang selama bulan biasa bekerja tanpa henti, kini ia diistirahatkan. Tapi, untuk mencapai hasil itu maka perlu dipraktikkan tips puasa untuk penderita maag berikut ini.

Sekali lagi, puasa akan mendatangkan kesehatan bagi lambung. Jika lambung justru meronta-ronta tatkala Anda berpuasa, jangan salahkan puasanya tapi mungkin cara puasanya yang kurang tepat.

Kesalahan penderita maag saat puasa

Tak bisa dipungkiri, fungsi puasa memang mengendalikan hawa nafsu tapi saat berbuka tak sedikit yang melampiaskan nafsunya. Jadi puasa yang dilakukan seharian tak memberi manfaat kesehatan. Itu salah satu contohnya, selain itu inilah beberapa kondisi lain yang merupakan kesalahan penderita maaf saat puasa:

  • Tidak makan sahur
  • Makan sahur tapi pakai menu yang memicu asam lambung misalnya gorengan, makanan pedas dan sejenisnya.
  • Berbuka dengan minuman atau makanan yang memicu asam lambung misalnya kopi, es, minuman bersoda, gorengan dan makanan pedas.
  • Tidak menjaga kondisi psikologis sehingga mudah stres.
  • Tidak berhenti merokok.

Tips puasa untuk penderita maag

Maag identik dengan asupan makanan atau minuman yang dicernanya. Semakin menunya tidak ramah bagi lambung, maka kondisi itu akan memperparah kondisinya. Berikut ini beberapa menu yang ramah bagi lampung. Selamat mencoba.

1. Makanan yang tidak pedas atau asam dan bumbunya tidak menyengat

Makanan pedas, kaya bumbu dan asam akan cenderung mengiritasi saluran cerna Anda. Jadi, lebih baik hindari makanan yang mengandung tomat, jeruk, lemon, dan jeruk bali. Sebaliknya, Anda dapat memasak sendiri menggunakan bumbu sederhana seperti bawang putih, merica dan garam.

2. Karbohidrat kompleks

Saat sahur, pilihlah menu yang mengandung karbohidrat kompleks, misalnya sereal, oatmeal, granola, atau nasi merah, dibandingkan karbohidrat sederhana seperti roti dan biskuit.

3. Kurma

Kurma adalah makanan kaya akan gula, serat, kalium, dan magnesium, sehingga baik untuk penderita mag.

4. Jus buah

Beberapa buah yang direkomendasikan adalah melon dan pisang. Keduanya bersifat alkali, sehingga baik dikonsumsi untuk mengatasi keluhan mag.

5. Sayuran

Makan sayuran yang cukup ketika sahur akan membantu mencegah asam lambung naik. Jenis sayuran yang bisa jadi pilihan Anda antara lain bayam, asparagus dan pakcoy.

Tips sehat selama puasa

Selain tips di atas, berikut ini sedikit tambahan tips bagi Anda. Semoga puasa Anda dapat berjalan dengan lancar. Terlebih lagi mendapatkan manfaat dari puasa itu sendiri.

  1. Makan sahur di akhir waktu. Hal ini sudah disampaikan dalam beberapa hadits yang ditafsirkan oleh para ulama. Waktu sahur terbaik itu justru setelah peringatan imsak dikumandangkan. Jadi sekitar 10-15 menit sebelum adzan shubuh.
  2. Hindari tidur sesaat setelah sahur. Langsung tidur setelah makan sahur dapat meningkatkan risiko asam lambung naik ke kerongkongan. Kuncinya adalah makan sahur mendekati imsak.
  3. Hindari merokok, minum kopi, soda, atau teh saat sahur
  4. Minum obat maag sesuai anjuran dokter

Tinggalkan Komentar