Tips Membuat Air Nabeez dari dr Zaidul Akbar

0
Tips Membuat Air Nabeez dari dr Zaidul Akbar
Foto: @hasanah_kamis

Senyumperawat.com – Air nabeez menjadi sangat populer saat bulan Ramadhan. Banyak kaum muslimin yang membuat air nabeez ini untuk menu berbuka dan sahur. Pasalnya, selain rasanya manis juga membuat badan lebih segar karena kandungan kurma yang terlarutkan dalam air.

Namun, ternyata ada beberapa hal yang mesti diperhatikan. Salah satunya soal waktu. Ada batasan waktu dalam penggunaan nabeez ini.

Baca: Tips Puasa Untuk Penderita Maag

Menurut dr Zaidul Akbar, air nabeez sebetulnya sudah ada sejak zaman Nabi Muhammad SAW dan menjadi minuman favorit. Merendam kurma, sayur, atau jenis buah lain dalam air memecah molekul nutrisi sehingga lebih mudah diserap tubuh.

Tips membuat air nabeez

“Dari yang saya pelajari, merendam kurma dalam air maksimal 12 jam. Kalau sudah 12 jam jangan diisi ulang (refill) karena sudah sampai titik jenuhnya. Jika sudah 12 jam bisa diganti dengan kurma, buah, atau sayur lain,” kata dr Zaidul Akbar dikutip dari detik.

Menurut dr Zaidul, rendaman yang terlalu lama berisiko menurunkan khasiat yang terkandung dalam kurma. Air rendaman kurma yang telah berumur 12 jam harus segera diminum tanpa perlu kembali menunda.

Untuk membuat air nabeez, dr Zaidul tidak merujuk pada jenis kurma atau campuran tertentu. Berbagai jenis kurma bisa digunakan sesuai kebutuhan dalam pembuatan air nabeez. Kurma bisa digunakan sebagai bahan tunggal atau dicampur buah atau sayur lain sesuai selera dan kecukupan nutrisi setiap hari.

Baca: Begini 5 Cara Mencegah Asam Lambung Naik Saat Puasa Ramadhan

Kurma sudah dikenal sebagai asupan dengan nutrisi lengkap untuk memenuhi kebutuhan harian. dr Zaidul menyarankan kebiasaan minum air nabeez dilakukan setiap hari, bukan hanya saat melaksanakan puasa Ramadhan.

Menurut studi dalam Journal Of Medicine & Health Sciences Kolej University Insaniah, air nabeez dapat membantu menyembuhkan tingkat keasaman lambung yang tinggi. Bukan hanya itu, manfaat lain cenderung menghilangkan sisa metabolisme tubuh, meningkatkan kerja sistem pencernaan karena mengandung serat yang cukup tinggi.

Manfaat lainnya yaitu membantu pasien arthritis dan pasien asam urat (gout) karena air nabeez memengaruhi kadar asam urat seseorang. Begitu banyak manfaatnya apalagi jika dicampur pula dengan madu.

Tinggalkan Komentar