Rekrutmen CPNS Dibuka Oktober 2019, Ada 100 Ribu Formasi Termasuk Tenaga Kesehatan

Rekrutmen CPNS Dibuka Oktober 2019, Ada 100 Ribu Formasi Termasuk Tenaga Kesehatan

Senyumperawat.com – Lowongan CPNS 2019 telah disiapkan pemerintah. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Syafruddin mengungkapkan pemerintah telah menyiapkan 100 ribu formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang akan dibuka Juni 2019.

Pemerintah juga berencana membuka lowongan CPNS dengan kuota yang sama pada Maret mendatang sebagai peralihan dari rencana rekrutmen CPNS yang tertunda di 2018.

Muat Lebih

Lowongan pada Maret nanti lebih ditujukan untuk masyarakat di daerah tertentu, seperti Sulawesi Tenggara, Papua, dan Papua Barat. Kebijakan itu dilakukan menyusul bencana alam di sejumlah daerah tersebut yang mengganggu jadwal perekrutan.

Sedangkan pada Juni nanti bersifat nasional. “Tapi fokusnya tetap kepada tenaga pendidikan dan tenaga kesehatan,” ucapnya di Istana Negara, Kamis (24/1).

Menurutnya, pemerintah kembali membuka lowongan CPNS tersebut karena kebutuhan tenaga pendidik dan kesehatan memang meningkat. Asumsinya, setidaknya membutuhkan sebanyak 150 ribu formasi untuk kedua sektor.

“Catatan Kemendikbud masih ada kekurangan guru sekitar 91 ribu,” katanya.

Syafruddin berujar kebutuhan tenaga pendidikan dan kesehatan cukup besar karena pemerintah bakal fokus mendongkrak kualitas sumber daya manusia dengan memantapkan pelayanan di kedua sektor.

Selain itu, jumlah pensiunan dari kedua sektor tenaga kerja terus meningkat. Misalnya, ia mencatat ada sekitar 50 ribu PNS yang pensiun pada 2018. Sedangkan pada tahun ini diperkirakan mencapai 52 ribu.

Pemerintah dikatakan Syafruddin lebih memilih membuka lowongan CPNS karena tak ingin banyak pegawai berstatus honorer.

“Jadi kami harus kejar dan jaga keseimbangan supaya jangan lagi rekrutmen honorer terlalu banyak,” terangnya.

Meski begitu, ia belum bisa memberikan data anggaran yang bakal dikucurkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk program CPNS ini.

Sampai saat ini Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati belum buka suara mengenai jumlah anggaran yang telah disiapkan pemerintah untuk perekrutan melalui mekanisme lowongan CPNS 2019 seperti dikabarkan cnnindonesia.

Update terbaru menyebutkan dibuka Oktober 2019

Menurut sumber berita lain, rekrutmen CPNS akan dibuka Oktober 2019 mendatang.

Demikian yang sempat diungkapkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau Menpan RB Syafruddin saat Musrembangnas, di Jakarta, Kamis (9/5/2019) dikutip dari laman tribunnews.

“Itu nanti untuk triwulan ketiga 2019,” ujarnya kepada wartawan.

Saat ditanya kapan pastinya pendaftaran CPNS 2019 dimulai, Syafruddin mengatakan kemungkinan pada Oktober 2019.

Namun demikian, mantan Wakapolri itu menuturkan, pada pendaftaran CPNS 2019 akan mengutamakan pengangkatan guru honorer.

Adapun pada Juni 2019, Syafruddin juga mengungkapan, akan membuka rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau P3K/PPPK.

Persyaratan mendaftar CPNS 2019

Kendati pendaftaran CPNS 2019 belum dibuka, namun sebaiknya anda yang berminat mendaftar agar menyiapkan sejumlah dokumen penting sejak dini. Hal ini mengacu pada pendaftaran CPNS 2018.

Untuk tenaga profesional, persyaratan atau dokumen yang bisa dipersiapkan sebagai berikut:

  1. Fotokopi KTP
  2. Fotokopi Ijazah dan Transkip Nilai yang telah dilegalisir

  3. Surat keterangan akreditasi dari BAN PT.

  4. Pas foto terbaru ukuran 4×6 cm sebanyak 4 lembar – latar belakang merah.

Dokumen tambahan bagi lulusan D III dan SMA/sederajat antara lain:

  1. Materai Rp 6.000
  2. Fotokopi KTP

  3. Fotokopi ijazah/STTB

  4. Fotokopi ijazah SD

  5. Fotokopi ijazah SLTP

  6. Fotokopi ijazah SLTA.

 

Pos terkait