Perawat Dilarang Bekerja Memberi Tindakan Medis Jika Tak Punya STR

0
Perawat Dilarang Bekerja Memberi Tindakan Medis Jika Tak Punya STR

Senyumperawat.com – Perawat yang belum memiliki Surat Tanda Registrasi atau STR tidak dibolehkan melakukan tindakan medis terhadap pasien baik di rumah sakit maupun pasien di Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) atau Puskesmas.

Hal tersebut ditegaskan Bupati Luwu, Basmin Mattayang saat memberikan sambutan pada acara Musyawarah Daerah (Musda) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Luwu, di Aula Bappeda Luwu, Rabu (10/04/2019).

Dihadapan ratusan perawat, Bupati Luwu menyampaikan jika STR mutlak dimiliki seorang perawat sebelum melakukan tindakan medis kepada pasien.

“Jadi tidak boleh melakukan tindakan medis sebelum ada STR. Ini bukan kemauan saya namun sesuai standar pelayanan kesehatan sebagaimana diatur di dalam UU Nomor 46 tahun 2013, dimana menekankan semua perawat harus mendapat STR,” ujar Basmin.

Ketua Musda PPNI, Iskandar, berterima kasih atas perhatian yang diberikan Bupati Luwu dan Pemerintah Kabupaten Luwu kepada perawat selama ini.

“Kami sangat berterima kasih atas masukan tersebut, perawat di Luwu komitmen akan terus melakukan perbaikan dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” pungkasnya. (Sindo/BD)

Tinggalkan Komentar