Perawat di Ponkesdes Masih Bergaji di Bawah UMK, Naikin Dong Wahai Pemerintah!

Senyumperawat.com – Para perawat pondok kesehatan desa (ponkesdes) meminta perhatian Pemkab Gresik, Jatim. Pemkab diharapkan segera menindaklanjuti imbauan gubernur Jawa Timur.

Surat bernomor 800/5656/102.1/2019 dari gubernur tersebut berisi imbauan agar pemkab mengapresiasi pengabdian perawat ponkesdes. Humas Perawat Ponkesdes Gresik Novi Juarita menyebutkan, jumlah perawat ponkesdes di Gresik 250 orang. Yaitu, 225 perawat ponkesdes di bawah naungan provinsi dan 25 perawat murni milik pemerintah daerah.

Selama ini perawat ponkesdes hanya mengandalkan gaji dari provinsi. Nilainya Rp 1.450.000. Pemkab diimbau memberikan upah minimal setara UMK.

”Ada juga imbauan agar mengupayakan tunjangan kesejahteraan berupa jaminan kesehatan dan ketenagakerjaan,” ujarnya seperti dikabarkan jpnn.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Gresik Nadlif mengaku sudah menerima imbauan tersebut. Namun, BKD belum memutuskan kebijakan. Sebab, jumlah kebutuhan anggaran harus dihitung lebih dulu.

”Dari Rp 1,45 juta menjadi UMK Gresik yang Rp 3,8 juta kan naik banyak. Ini perlu dihitung dulu,” katanya.

Terkait status, dia mengaku telah mendapatkan perintah dari bupati. Yakni, pegawai di lingkup Pemkab Gresik direncanakan diisi PNS maupun PPPK.

”Ini sedang diusulkan ke pusat agar CPNS dan PPPK yang diangkat berasal dari tenaga honorer,” tuturnya.

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker