Indonesia Buka Peluang Kerja Tenaga Medis ke Qatar

Senyumperawat.com – Indonesia membuka diplomasi untuk pengiriman tenaga medis ke Qatar. Tenaga medis menjadi komoditas ekspor yang terus digenjot oleh pemerintah. Sebelumnya, pengiriman tenaga perawat ke Australia sudah terlaksana untuk periode 2019 ini.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mendorong kerja sama konkret dalam pertemuan tingkat menteri (PTM) Asia Cooperation Dialogue (ACD) di Doha, Qatar. Dalam pertemuan itu Menlu Retno dan Menlu Qatar bertemu untuk membahas pengiriman tenaga medis profesional dari Indonesia.

“Kerjasama ACD harus konkret. Artinya, bisa dirasakan manfaatnya oleh rakyat di negara-negara Asia, dan sanggup jawab tantangan zaman.” kata Retno dalam keterangan tertulisnya, Kamis (2/5/2019).

Baca: Jepang Masih Buka Lowongan 1 Juta Perawat dari Indonesia Hingga 2020

Retno menjelaskan Indonesia mempunyai peran besar dalam forum tersebut. Dia mengatakan Indonesia berperan dalam memajukan bidang energi terbarukan.

“Saya menegaskan kembali komitmen Indonesia sebagai co-prime mover ACD di bidang energi dengan memajukan kerja sama pengembangan energi terbarukan. Hal ini sejalan dengan kebijakan nasional terkait pendayagunaan Energi Baru dan Terbarukan (EBT),” ungkap Retno.

Pertemuan ini sendiri dihadiri pejabat tinggi dari 34 negara anggota ACD guna membahas uoaya peningkatan kerja sama berbagai isu. Termasuk dalam bidang konektivitas seperti pendidikan, keamanan pangan, energi, air, budaya dan pariwisata serta praktek keberlanjutan di bidang energi.

Forum tersebut menyepakati upaya untuk memajukan ACD berupa penysunan struktur dan mekanisme baku terkait Sekretariat ACD. Dalam kesempatan ini pula, pertemuan ACD ke-16 menerima anggota baru yaitu Palestina.

Baca: Indonesia Segera Buka Lowongan Perawat ke Amerika, Ini Syaratnya

Selain melakukan pertemuan dalam ACD, Retno juga berkesempatan untuk mengadakan pertemuan dengan Menlu Qatar. Pertemuan untuk membahas peluang kerja sama di bidang pengiriman tenaga medis dan paramedis profesional dan terlatih dari Indonesia. (Detik/D)

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker