Begini 5 Cara Mencegah Asam Lambung Naik Saat Puasa Ramadhan

0
Begini 5 Cara Mencegah Asam Lambung Naik Saat Puasa Ramadhan

Senyumperawat.com – Salah satu problem pada lambung sebagian orang yang belum terbiasa puasa adalah nyeri lambung. Oleh karena itu, biasanya sebelum puasa biasanya banyak yang berbondong membeli obat maag di warung. Nah, alangkah lebih baik pula jika hal itu dicegah. Setidaknya ada 5 cara mencegah asam lambung naik yang bisa dicoba.

Efek dari asam lambung yang naik ini memang sangat tidak mengenakkan. Lambung terasa perih bahkan sebagian sampai mengalami mual muntah.

5 cara mencegah asam lambung naik

Untuk mengoptimalkan puasa, kelima hal ini bisa dicoba. Ikhtiar untuk bisa melaksanakan ibadah wajib yakni puasa Ramadhan dengan tubuh yang terjaga.

1. Menjaga menu sahur dan buka puasa

Beberapa makanan yang bisa menyebabkan hal ini adalah

  • Makanan pedas,
  • Makanan dengan rasa asam,
  • Makanan tinggi lemak seperti makanan bersantan atau gorengan, minuman soda, dan kopi.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk memperbanyak sayuran hijau tinggi lemak dan rendah asam yang bisa mencegah datangnya masalah kesehatan ini. Selain itu, kita juga sebaiknya memastikan untuk tidak makan terlalu banyak saat sahur.

Baca: Puasa Positif Tanggal 1 Ramadhan, Memetik Kembali Khasiat Kurma Bagi Kesehatan

Saat berbuka, jangan langsung mengonsumsi kopi, gorengan, atau makanan pedas karena bisa memicu peningkatan asam lambung. Buah-buahan dengan rasa asam seperti jeruk juga sebaiknya tidak dikonsumsi saat perut masih kosong.

2. Atur pola makan

Saat berpuasa, waktu makan kita menurun menjadi dua kali, yakni saat sahur dan berbuka. Kita pun harus memastikan untuk tidak menunda makan jika memang sudah saatnya. Sebagai contoh, saat berbuka, jangan ragu untuk segera mengonsumsi makanan demi mengisi perut yang kosong seharian. Jika kita masih menundanya, dikhawatirkan asam lambung akan naik dengan cepat.

3. Jangan makan secara berlebihan

Jika saat berbuka kita langsung mengonsumsi makanan dengan porsi yang besar, maka asam lambung akan jauh lebih mudah mengalami kenaikan, apalagi jika makanan-makanan ini tinggi minyak dan lemak. Konsumsilah makanan dengan porsi yang wajar saja meskipun perut kita kosong seharian.

Hal yang sama juga harus kita perhatikan saat sahur. Mengonsumsi makanan terlalu banyak justru akan memicu sensasi begah, mual, dan kenaikan asam lambung. Konsumsilah dengan porsi yang wajar saja.

4. Perhatikan cara makan kita

Makan terlalu cepat akan membuat makanan tidak terkunyah dengan baik. Hal ini akan membuat lambung bekerja dengan lebih keras untuk melumatnya dan akhirnya memproduksi asam lambung dengan jumlah yang lebih banyak. Hal ini bisa memicu kenaikan asam lambung.

5. Jauhi rokok selama puasa hingga usai puasa

Kandungan di dalam asap rokok bisa mengiritasi lambung sehingga akan menyebabkan kenaikan asam lambung saat berpuasa. Selagi ada kesempatan untuk berlama-lama tidak merokok, pecandu rokok bisa mulai belajar berhenti merokok di saat ini.

Baca: Cara Baru Berhenti Merokok, Coba Nih!

Selama mencoba kelima cara mencegah asam lambung naik di atas. Semua itu tidak akan bisa memberikan manfaat tanpa ada kemauan untuk merubah pola hidup.

Tinggalkan Komentar