Tips Menghindari Stres Melihat Foto dan Video Kecurangan Pemilu di Medsos

Senyumperawat.com – Perkara politik akhir-akhir ini membuat beranda media sosial menjadi penuh tentang siapa yang akan memenangkan Pemilu. Tak sedikit foto dan video yang beredar membuat sebagian kita naik pitam. Entah karena sikap fanatik pada salah satu calon atau tidak terima atas tragedi salah input KPU.

Jangan sampai Anda ikut-ikutan stres lantaran pemberitaan tersebut makin massif. Semoga hari-hari jelang Ramadhan ini dapat kita persiapkan dengan baik. Termasuk salah satunya dengan menjaga pikiran agar tidak stres.

Baca: Akhirnya Terkuak Sebab Sandiaga Sakit, Berikut Ini Tips Menjaga Stamina

Tips menghindari stres akibat foto & video di medsos

Ada sebuah riset yang menyebutkan bahwa polemik dalam dunia perpolitikan bisa memicu stres, tekanan emosional dan depresi. Penelitian tersebut diungkapkan oleh Mary McNaughton-Cassill dari University of Texas, San Antonio. Banyak orang yang mengaku merasa terancam atau khawatir akibat kekalahan calon yang didukung.

Ada beberapa tips untuk menghindari dampak dari isu politik akhir-akhir ini. Sehingga kita tidak ikut-ikutan panas menulis status yang justru merugikan diri kita sendiri. Juga agar kita tidak mudah sekali marah ketika membaca status orang lain yang berbeda pilihan politik. Oleh karenanya, untuk menghindari hal tersebut, kita perlu melakukan beberapa hal di antaranya:

Baca: Defisit BPJS Kesehatan Bikin Motivasi Kerja Perawat Turun

1. Lakukan aktivitas positif

Ketika melihat status, foto atau video yang membahas politik, jangan mengedepankan emosi. Pakailah rasional, apakah ada manfaat atau tidak ketika Anda akan komentar atau membagikannya. Jika pun mau berkomentar, gunakanlah komentar yang tidak bersifat intimidasi. Terlebih lagi masuk dalam kategori ujaran kebencian bahkan SARA.

Jika hal itu belum dirasa positif bagi Anda, cobalah keluar dan cari aktivitas lain bersama teman-teman atau keluarga. Ajak keluarga untuk berlibur untuk. Tapi ketika berlibur jangan pula membuka medsos. Itu sama saja hanya sekedar pindah tempat.

2. Kurangi waktu membuka medsos

Jangan menyibukkan diri dengan selalu membuka medsos. Jika dengan sering melihat foto dan video khususnya kecurangan yang beredar membuat Anda makin stres, tutup dulu semua itu. Cobalah untuk menikmati dunia nyata. Banyak hal yang mungkin saja bisa lebih membuat hati Anda lebih bahagia.

3. Jaga amal ibadah

Ibadah akan membuat kondisi hati lebih tenang. Tidak mudah terpancing dengan sebuah isu tertentu. Ketika pun mengharuskan menulis status atau berkomentar, maka akan lebih terjaga untuk memilih kalimat yang lebih santun. Tak cuma di medsos, ketika mengikuti kegiatan yang berkenaan dengan Pemilu pun harus begitu. Jangan sampai mengesampingkan ibadah hanya demi hura-hura dengan artis atau gerombolan yang lalai dengan ibadahnya.

4. Ikuti majlis ta’lim

Membahas perkara agama untuk menambah ilmu akan lebih menenangkan hati. Berkumpul dengan orang sholeh saat bermajlis ta’lim akan memberikan banyak manfaat. Menenangkan pikiran dan akan lebih mengingatkan kita akan negeri akhirat.

Kalah atau menang itu sudah biasa. Selama kemenangan tidak dilakukan dengan kecurangan, semua akan kondusif. Satu hal yang penting untuk diperhatikan, jangan sampai Anda ikut stres karena memikirkan hal itu. Tetap jaga kesehatan di tengah polemik yang terjadi.

Baca: Dokter dan Perawat Tak Bisa Nyoblos di RS Ini, Bagaimana Tempatmu?

Perbanyak ibadah dan tawakal saja kepada Allah. Ketika ikhtiar yang Anda lakukan sudah dirasa optimal.

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker