Semua Jomblo Berharap Dapat Jodoh Ideal, Kamu Sendiri Sudah Ideal?

0
Semua Jomblo Berharap Dapat Jodoh Ideal, Kamu Sendiri Sudah Ideal

Senyumperawat.com – Mengharapkan seseorang segera hadir untuk menghalalkan dirimu itu adalah lumrah. Suatu keniscayaan memang apalagi umur sudah memasuki expired (kalau bahasa anak muda sekarang). Rencana awal ingin menikah kala umur 22. Tapi akhirnya meleset dan berencana menikah umur 25. Hingga sekarang sudah hampir 30, sang jodoh belum juga ada kabar.

Nah, pada masa-masa begini nih setan akan gencar buat godain. Kalau misalkan kamu adalah tipe orang yang emosian, kamu akan digoda untuk mudah sekali baper (bawa perasaan). Setelah setan berhasil bikin kamu baper, kamu akan mengalami tekanan psikologis. Baru setan akan bisikin hal-hal yang menyesatkan lainnya.

Baca: 10 Petuah Rosulullah Ini Harus Kamu Pahami

Dalam kasus lainnya, ada di antara kita yang mungkin akhirnya bisa lepas dari bisikan setan itu. Berusaha untuk ikhlas menerima ujian dari Allah. Kemudian meningkatkan ilmu untuk bisa membentengi hati selama masa penantian. Akhirnya dipilihlah jalan hijrah untuk bisa mempertahankan diri agar tak mudah baper lalu stres.


Apa sih yang dicari dari menikah?

Kalau kamu berharap menikah itu adalah untuk menjaga diri, itu benar. Kalau kamu berharap menikah itu adalah untuk mencari ketenangan batin, itu benar. Kalau kamu berharap menikah itu akan membawamu menuju pahala yang begitu mudah diraih, itu benar.

Tapi, kalau kamu menikah itu hanya untuk mendapatkan pasangan tampan atau cantik. Kemudian lebih parah lagi hanya ingin merebut harta pasanganmu. Bahkan lebih buruk lagi hanya sekedar ingin melampiaskan syahwat sehingga setelah menikah kemudian cerai. Lalu menikah cari yang lebih muda lalu cerai lagi. Itu berarti kamu belum memahami esensi dari menikah itu mau mencari apa.

Baca: Hak-Hak Istri yang Mesti Suami Penuhi

Tujuan dari menikah itu sejatinya telah dituntunkan oleh Rosulullah shollallaahu ‘alayhi wa sallam. Ketenangan batinmu itu akan sangat mempengaruhi bagaimana kamu akan menjalani hidup. Banyak sekali nasihat yang menyebutkan bahwa pasangan akan menentukan bagaimana tindak-tanduk seseorang kemudian.

Baik dalam hal mencari nafkah, beribadah, dan aspek lainnya. Seorang suami misalkan, tidak akan mudah dibujuk oleh setan untuk korupsi jika sang istri tidak menuntut uang belanja yang melimpah. Seorang istri, juga tidak akan tergiur untuk bekerja menerima tawaran menggiurkan yang masuk ke pesan Whatsappnya jika suami membimbing dengan ilmu agama.


Baru menikah jika sudah ketemu yang ideal

Jangan sampai pikiran ini yang bikin kamu sampai kesulitan untuk segera menikah. Mencari pasangan ideal baru memutuskan untuk menikah itu adalah hal yang semestinya tidak hadir dalam benakmu. Coba renungkan, ketika kamu menikah maka kamu mestinya sadar bahwa tiap kekurangan pasanganmu adalah tugasmu untuk menyempurnakannya.

Misalkan untuk para lelaki. Jangan sampai hanya karena satu kekurangan, kamu akhirnya mundur dan tidak jadi menikahinya. Kalau soal fisik itu relatif, tiap orang punya penilaian sendiri-sendiri. Untuk sikap, mungkin secara umum bisa disamaratakan. Ketika secara umum sikapnya baik, jangan ditunda lagi. Padahal dari sisi agama sangat baik.

Baca: Karakter Istri Penghuni Surga Itu Begini Loh!

Sudah bersyukur mestinya, kamu tidak mesti mendidik dari ia lahir. Tiba-tiba sudah besar kamu rebut dibawa pulang. Kemudian tugasmu untuk membuatnya menjadi bidadarimu secara sempurna.

Begitu juga untuk para wanita. Dalam Islam tidak ada larangan untuk melamar lebih dahulu. Jika dirasa tidak menimbulkan fitnah dalam lingkungan dan orang yang dipilih itu memang baik menurut penuturan orang yang dipercayai. Di sisi lain, ketika ada seorang yang secara agama baik dan akhlaknya juga baik datang melamarmu, pikirkanlah secara matang.

Jangan seketika langsung ditolak. Mohon petunjuk kepada Allah. Syaratnya itu tadi, agamanya bisa dibilang cukup untuk membimbingmu dan akhlaknya baik.

Baca: Suami Wajib Baca, Inilah Hak-Hak Istri yang Harus Dipenuhi

Semua itu ditentukan bukan saat kamu menentukan pilihan jodohmu. Tapi sejak kamu ikhtiar mencarinya. Jodohmu akan menjadi cerminan dari dirimu saat itu. Dan Allah yang akan menentukan waktu yang tepat untuk mempertemukanmu.

Tinggalkan Komentar