Sedikit-Sedikit Buka Hp, Awas Gangguan Mental

0
Sedikit-Sedikit Buka Hp, Awas Gangguan Mental

Senyumperawat.com – Sedikit-sedikit buka Hp tanpa keperluan yang penting atau menghabiskan waktu dengan media sosial berpotensi mengalami gangguan mental. Kondisi bukan hanya pendapat semata. Ada riset yang membuktikan hal tersebut.

Semakin sering seseorang menghabiskan waktu dengan membuka ponsel pintar, potensi gangguan mental makin tinggi.

Menurut para ahli, terlalu sering terpapar gawai dapat menyebabkan gangguan mental. Dari pengamatan yang dilakukan peneliti terhadap 2.587 sekolah, ditemukan bahwa remaja yang terikat dengan 14 aktivitas media digital secara berkali-kali dalam satu hari dapat meningkatkan gejala ADHD.

Lainnya: Sebagai Orang Tua Wajib Tahu, Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

ADHD adalah gangguan mental anak berupa kondisi biologis yang membuat anak sulit untuk duduk diam dan berkonsentrasi. 10 dari 14 aktivitas dikaitkan dengan gejala ADHD.

Salah satu gejala ADHD yang ditimbulkan yaitu kesulitan menyelesaikan tugas-tugas dan selalu menyisakan masalah jika diberi tugas. Gejala-gejala lain bisa bertambah setiap enam bulan selama dua tahun.

Aktivitas media digital itu meliputi pemantauan media sosial, sms, percakapan daring dan mengunggah foto, video, blog atau memperbaharui lini masa. Jadi sedikit-sedikit buka Hp, bahkan hanya sekedar melihat notifikasi. Tidak jarang pula yang hanya ingin melihat berapa jumlah suka, komentar dan bagikan.

Lebih dari setengah remaja yang disurvei melakukan aktivitas tersebut berkali-kali dalam sehari.

Lainnya: Teknik Stimulasi Supaya Anak Cepat Bicara

Risiko ADHD bisa meningkat 11 persen apabila terjadi peningkatan aktivitas media digital. Risiko ini dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan remaja yang tidak terikat dengan gawai dan aktivitas media digital.

Bulan lalu, Apple memperkenalkan fitur Screen Time untuk membantu para penggunanya membatasi penggunaan ponsel. Fitur ini juga membantu para orangtua untuk melacak aktivitas anak dan mengatur pembatasan waktu penggunaan ponsel.

Tinggalkan Komentar