Menkes: Sangat Keterlaluan Jika Gaji Perawat di bawah UMR

0
Menkes: Sangat Keterlaluan Jika Gaji Perawat di bawah UMR

Senyumperawat.com – Menteri Kesehatan Nila Djuwita F. Moeloek prihatin minimnya gaji yang diterima perawat di beberapa daerah. Nila mengatakan gaji para perawat memang tergantung dengan otonomi daerah masing-masing, namun sangat keterlaluan jika gaji perawat di bawah UMR (Upah Minimum Regional).

“Tentang honor atau sebagainya nah ini memang terkait dengan otonomi daerah jadi kami juga sangat menghimbau kalau digaji sedemikian (dibawah UMR) ya tentu jangan dong,” ujarnya di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Minggu (18/3/2018).

Baca: Netizen: Siapapun Presidennya, Semoga Gaji Perawat Lebih Diperhatikan

Dia menjelaskan dengan kemampuan yang mumpuni dan teruji seharusnya para perawat dapat mendapatkan gaji lebih layak dari gaji yang mereka terima sekarang.

Nila menyebutkan seharusnya gaji para perawat paling minimal sesuai UMR daerah.

“Dalam hal ini tapi kami membantu untuk mengaturnya supaya betul-betul tenaga kesehatan tentu sesuai dengan apa yang mereka dapatkan dalam hal ini minimal ya itu tadi yang saya sebut UMR jadi mesti kita atur lagi,” tukasnya dikutip dari rmol.

Pasca Pilpres 2019, bagaimana nasib perawat?

Ungkapan Menkes tersebut diungkapkan pada tahun 2018 lalu. Dalam arti, sudah setahun para perawat menantikan realisasinya. Namun, hingga usai Pilpres 2019 ini belum ada pembicaraan yang serius terkait kesejahteraan perawat. Malangnya, hingga memasuki tahun 2019 masih ada di beberapa tempat gaji perawat di bawah UMR.

Baca: Ketua PPNI: Besaran Gaji Perawat Seharusnya Minimal 3 Kali UMP

Semuanya masih menanti hasil dari Pilpres tersebut. Jika petahana yang kembali memimpin 2 periode, baru kebijakan tentang tenaga kesehatan akan diperhatikan. Begitu pun Paslon 02 yang selama kampanye berjanji akan memperbaiki pendapatan tenaga kesehatan.

Lantas pertanyaannya, Paslon mana yang akan berkuasa. Tentunya siapa pun yang berkuasa nanti akan sangat diharapankan mampu memberikan angin segar bagi profesi perawat.

Baca: Kuliahnya Mahal Tapi Gaji Perawat di Bawah UMR

Tinggalkan Komentar