Inovasi Mobile Puskesmas Akan Hadir di Bandung

Inovasi Mobile Puskesmas Akan Hadir di Bandung

Senyumperawat.com – Sudah lama masyarakat merindukan adanya fasilitas kesehatan yang mau menghampiri mereka. Bukan selalu mereka yang mendatangi pusat layanan kesehatan. Sebab, masih ada di beberapa daerah yang mana Puskesmas baru buka hanya beberapa jam saja dalam sehari. Padahal menurut semestinya sesuai jam kerja yang telah ditetapkan.

Adanya sebuah bus yang diubah menjadi Mobile Puskesmas akan sangat membantu masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih optimal. Hadirnya dokter dan tenaga medis lain untuk menyapa masyarakat bisa juga meningkatkan kesadaran untuk berobat ke pusat pelayanan kesehatan.

Mobile Puskesmas atau disingkat MPUS ini akan mulai beroperasi di Jawa Barat. Di dalamnya warga bisa berkonsultasi secara langsung dengan dokter umum dan tenaga medis tanpa harus pergi ke rumah sakit.

Baca: Ma’ruf Amin Ingin Bangun Sarana Pelayanan Kesehatan yang Mudah Dijangkau

Interior bus diubah bak menjadi klinik mini lengkap dengan alat medis, kasur dan meja dokter. MPUS juga dilengkapi dengan aplikasi yang memungkinkan warga berkonsultasi dengan dokter spesialis, di samping dokter umum pendamping secara langsung.

“Di sana juga ada telemedician, dokternya spesialisnya siaga di command center Dinkes Provinsi Jawa Barat,” ujar Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil usai peluncuran MPUS di Alun-alun Cililin, Cililin, Kabupaten Bandung Barat, Senin (15/4/2019). Peluncuran bus puskesmas itu juga dihadiri Wakil Bupati Bandung Barat Henky Kurniawan dikutip dari detikcom.

Baca: Gubernur Anies Akan Tingkatkan Kualitas Kesehatan di Jakarta Setara Anggota G20

Mobil berwarna biru muda-putih ini, didesain dengan untuk menjelajah berbagai medan. Terutama di wilayah gunung dan perbukitan.

“Ini bentuk solusi atas aspirasi dan keluhan warga di daerah terpencil, fasilitas di sini sebanding dengan puskesmas biasa baik dari dokter dan alat kesehatannya,” kata Emil, sapaan Ridwan Kamil.

Untuk mengoperasikan mobil ini dibutuhkan tujuh orang, yang terdiri dari sopir, operator mesin bus, dokter dan perawat. Rencananya Emil akan meluncurkan lima armada MPUS di Jawa Barat.

Baca: Fahri Hamzah Kritik Sikap Jokowi Terkait Rumah Sakit dan Hak Tenaga Kesehatan

“Jadi biar orang tidak sedikit-sedikit datang ke rumah sakit atau dokter umum, tapi bisa datang ke sini,” katanya.

Kendati begitu, unit yang diluncurkan di Alun-alun Cililin masih sebatas purwarupa atau prototype. “Mudah-mudahan minggu depan sudah bisa dilengkapi dan bisa langsung beroperasi, nanti jadwal kelilingnya diberitahu,” ujarnya.

Pos terkait