Tetap Syukur, Gaji Kecil Tapi Berkah Lebih Baik daripada Gaji Besar Hasil Curang

Senyumperawat.com – Akhir-akhir ini jagad dunia maya disibukkan dengan bertebarannya video yang diindikasi sebagai kecurangan. Di balik itu semua, pasti tidak ada yang gratis. Melihat ini semua, kita mestinya bersyukur karena walaupun gaji kecil tapi berkah. Tidak diperoleh dari hasil perbuatan kotor.

Terlepas dari perdebatan fakta atau hoax, tiap orang pasti punya persepsi sesuai referensi yang didapatkan. Di tengah polemik adanya kecurangan itu, ada banyak hikmah yang bisa kita ambil.

Baca: Cara Perpanjangan STR Bidan yang Sudah Habis Masa Berlakunya

Gaji perawat menurut banyak berita yang tersiar, masih banyak yang belum memenuhi UMP (Upah Minimum Provinsi). Banyak perawat yang akhirnya memutuskan untuk melakukan aksi menuntut haknya.

Kendati demikian, rasa syukur harus tetap disanjungkan kepada Sang Mahapemberi Rizki. Gaji kecil tapi berkah akan membuat hati lebih tenang daripada gaji besar tapi harus melakukan kecurangan.

Baca: Akhirnya Terkuak Sebab Sandiaga Sakit, Berikut Ini Tips Menjaga Stamina

Tips agar selalu bersyukur

Ada banyak perkara kehidupan yang mesti kita pelajari. Khususnya sebagai bekal untuk melalui hari demi hari. Termasuk pula agar kita membahagiakan diri dengan memperbanyak syukur. Syukur dalam kondisi sempit itu memang jauh lebih sulit daripada saat lapang. Namun justru itulah keimanan kita sedang diuji. Akankah kita tetap bersyukur walau sedang demikian atau justru kufur.

Coba kita lakukan tips berikut ini agar selalu bersyukur. Walaupun gaji kecil tapi berkah, daripada gaji besar tapi hasil perbuatan yang tidak baik.

1. Perbanyak dzikir

Dzikir apa pun itu akan membuat lisan kita mudah menyebutkan asma Allah. Ketika misalkan kita tertimpa musibah, maka refleks lisan kita akan mudah sekali menyebutkan kalimat dzikir. Entah itu astaghfirullah atau inna lillahi. Tatkala kita mendapati sesuatu yang membuat kita kagum, kita akan dengan refleks mengucapkan masya Allah. Nah, dalam kondisi lapang dan sempit pun, kita akan mudah sekali bersyukur. Selalu mengucap Alhamdulillah.

Baca: Unggul 62%, Prabowo Tak Lupa Terima Kasih Pada Perawat, Bidan

2. Rajin ikut majlis ta’lim

Seperti disampaikan di atas, kita akan sangat memerlukan bekal untuk menjalani kehidupan ini. Salah satu bekal penting itu adalah ilmu. Boleh jadi kita sudah banyak mendapatkan ilmu seputar kesehatan, tapi apakah kita sudah cukup mendapatkan bekal ilmu agama. Dengan begitu kita juga akan banyak memperoleh petuah untuk selalu menjaga keimanan di tengah kondisi yang lapang atau sempit sekalipun.

3. Tengok orang yang lebih susah

Mungkin perawat di Indonesia termasuk profesi yang selama ini belum sejahtera. Sebagaimana kata ketua PPNI yang menyebutkan perawat masih belum terpenuhi kesejahteraannya. Bahkan berkali-kali menyatakan gaji ideal perawat yakni 3 kali UMP. Walaupun begitu, ternyata masih banyak orang yang lebih kesulitan daripada perawat.

Baca: Defisit BPJS Kesehatan Bikin Motivasi Kerja Perawat Turun

Pekerjaan yang belum pasti dan pendapatan yang mungkin jauh lebih sedikit daripada perawat. Memang ada wacana dari Presiden Joko Widodo untuk menggulirkan program kartu pra kerja yang akan menjamin gaji bagi pengangguran. Tapi itu masih program yang diwacanakan, belum tentu direalisasikan.

Mungkin itu tips sederhana, jangan risau dengan gaji kecil. Meskipun gaji kecil tapi berkah jauh lebih mulia daripada gaji besar tapi hasil perbuatan tercela.

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker