Distribusi Tenaga Kesehatan Belum Merata

0
Distribusi Tenaga Kesehatan Belum Merata

Senyumperawat.com – Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (BPPSDMK), Usman Sumantri menjelaskan, tenaga kesehatan di Indonesia saat ini sudah sangat banyak dan memadai.

“Sejak dulu bicara puskesmas, dokter, perawat, dan bidan. Di puskesmas sekarang kelebihan bidan, kelebihan perawat. Sementara tenaga yang lain (ahli) nggak ada, maka dari itu kita membutuhkan di luar dari tenaga itu,” kata Usman, d Jakarta, Jumat (5/4).

Baca: Netizen: Siapapun Presidennya, Semoga Gaji Perawat Lebih Diperhatikan

Menurut Usman hal ini disebabkan karena adanya otonomi daerah yang membuat pemerintah daerah berwenang terhadap urusan anggarannya masing-masing. Oleh karena itu berdampak pada kebijakan dan kemampuan keuangan untuk memperoleh tenaga kesehatan.

“Memang ada daerah yang memiliki kemampuan fiskal yang baik dan mampu memenuhi tenaga kesehatan, tetapi bagi daerah yang kurang mampu akan dipenuhi oleh pusat,” tambahnya.

Permasalahan distribusi tenaga kesehatan menurut Usman untuk saat ini masih kurang baik. Hal tersebut yang membuat tenaga kesehatan tetap saja menjadi tidak memadai.

Baca: Kuliahnya Mahal Tapi Gaji Perawat di Bawah UMR

“Jalan keluarnya redistribusi. Ini persoalan utama kita sejak lahirnya otonomi daerah. Kesulitan menempatkan satu tenaga kesehatan ke tempat lain. Hal ini menjadi tidak mudah,” ujarnya. (Gatra/D)

Tinggalkan Komentar