Bupati Barito Utara Instruksikan Kehadiran Petugas Kesehatan dan Guru Dipantau

Bupati Barito Utara Instruksikan Kehadiran Petugas Kesehatan dan Guru Dipantau

Senyumperawat.com – Tingkat kehadiran petugas kesehatan dan guru perlu mendapatkan pengawas dari pihak terkait. Misalnya aparatur desa seperti Kepala Desa (Kades).

Inisiatif ini dimulai oleh Bupati Barito Utara, Kalimantan Tengah, H Nadalsyah. Ia meminta para kepala desa untuk memantau kehadiran guru dan petugas kesehatan di daerah setempat.

Muat Lebih

Baca: Info CPNS 2019, Fokus Pada Tenaga Kesehatan dan Guru

“Kehadiran guru di sekolah untuk melaksanakan tugas merupakan kewajiban seorang pegawai negeri yang punya tanggungjawab.Apalagi keberadaan tugas mengajar juga digaji oleh pemerintah,” kata Bupati H Nadalsyah pada rembug desa se-Barito Utara di Muara Teweh, Rabu.

Menurut Nadalsyah, saat ini ada banyak laporan masyarakat keberadaan atau kehadiran guru tidak melaksanakan tugas di sekolah. Hal ini menimbulkan kekhawatiran jika sampai proses belajar mengajar terganggu.

Saat ini memang kalau dinas teknis melakukan pemantauan sangat terbatas. Dengan adanya kepala Desa, diharapkan dapat membantu dinas pendidikan mengawasi kehadiran guru di sekolah.

Baca: Begini Tingkat Kesejahteraan Tenaga Kesehatan di Pedalaman Asmat

“Saya minta kepada seluruh para Kades melaporkan kehadiran guru di sekolah. Laporannya nanti akan ditindaklanjuti baik dinas teknis maupun pemerintah daerah,” kata Nadalsyah.

Nadalsyah mengatakan, selain tenaga pengajar, tenaga kesehatan juga dilaporkan. Sebab dua bidang yang langsung bersentuhan dengan masyarakat ini sangat sering dilaporkan. Terutama kehadiran di wilayah tugas masing masing.

Tenaga kesehatan yang ditempatkan di pedesaan sangat diperlukan untuk membantu masyarakat. Pprogram ini merupakan wujud peran pemerintah daerah dalam melaksanakan pembangunan kesehatan. Apalagi hampir di setiap desa ada tenaga kesehatan yang telah ditempatkan.

Setiap tahun anggaran untuk dua bidang seperti pendidikan dan kesehatan sangat besar. Hal ini juga harus dibarengi dengan kinerja aparatur yang sudah ditempatkan baik di Kecamatan hingga perdesaan.

“Tugas kepala desa selain melaksanakan pembangunan juga berkewajiban memantau keberadaan tenaga pendidik dan tenaga kesehatan karena ini juga menyangkut dengan pembangunan,” tegas Nadalsyah. (Antara/D)

Pos terkait