Akhirnya Terkuak Sebab Sandiaga Sakit, Berikut Ini Tips Menjaga Stamina

Senyumperawat.com – Sandiaga Uno yang sempat dikabarkan tengah menurun kesehatannya, kini telah membaik. Dia menyampaikan terima kasih atas doa dan perhatian masyarakat kepada dirinya. Hal ini diungkapkannya kala menunaikan ibadah di Masjid At Taqwa Kebayoran.

“Alhamdulillah berkat doa dari teman-teman sekarang kondisinya sudah jauh lebih baik,” kata Sandiaga setelah menunaikan ibadah Nisfu Syakban di Masjid At-Taqwa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (20/4/2019).

Efek kelelahan karena aktivitas kampanye

Sandiaga mengaku hanya butuh istirahat agar kondisinya kembali fit. Mantan Wagub DKI Jakarta itu berharap dalam waktu dekat ini bisa beraktivitas seperti biasa.

Baca: Sandiaga Uno: Tenaga Kesehatan Harus Mendapatkan Pendapatan yang Cukup

“Tadi baru dapat laporan hasil tes kesehatannya juga baik. Insya allah hanya butuh istirahat, satu sampai dua hari lagi mudah-mudahan udah langsung bisa beraktivitas kembali secara normal. Insyaallah minggu depan kita bisa beraktivitas. Terima kasih,” ujarnya dikutip dari detikcom.

Sandiaga sebelumnya dikabarkan sakit saat pelaksanaan Pemilu 2019 yang berlangsung pada Rabu (17/4) sehingga tidak muncul saat Prabowo mendeklarasikan diri menang pilpres. Sehari setelahnya, baru ia tampak mendampingi Prabowo selama 15 menit.

Tips menjaga stamina

Untuk menjaga stamina selama aktivitas fisik yang melelahkan, tubuh butuh perlakuan yang ekstra. Beberapa tips berikut ini adalah tips untuk menjaga stamina agar tak mudah lelah ketika melakukan aktivitas super padat.

1. Manjakan tubuh dengan sinar matahari yang cukup

Pasalnya, sinar matahari dapat menghentikan produksi hormon melatonin, yakni hormon yang memicu rasa kantuk. Akhirnya, tubuh akan merasa lebih bertenaga dan tidak mudah lelah.

Baca: Cara Perpanjangan STR Bidan yang Sudah Habis Masa Berlakunya

2. Cukupi cairan tubuh

Salah satu indikator yang bisa digunakan untuk melihat kondisi cairan tubuh kita normal atau tidak adalah urine. Urine yang normal seharusnya berwarna kuning muda atau jernih. Ketika warna urine gelap dan pekat, tandanya Anda perlu minum lebih banyak cairan.

3. Kenali masa kerja tubuh

Jangan membiasakan diri terlalu membebani tubuh. Tubuh juga butuh istirahat. Jika diibaratkan mesin mobil, ada indikator suhu mesin yang harus diperhatikan. Ketika mesin terus digeber tanpa perhitungan maka ia akan mengalami over heat. Tubuh manusia pun bisa saja akan mengalami kondisi yang sama. Salah satu penyebab kelelahan yang paling sering terjadi yakni karena terlalu memforsir kerja tubuh.

4. Jaga asupan nutrisi

Penting untuk diperhatikan untuk urusan ini. Tubuh bekerja membutuhkan nutrisi. Jadi, asupan nutrisi yang akan digunakan untuk bahan bakar tubuh itu tadi juga harus tercukupi. Penuhi komponen dalam tiap menu berupa protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral dalam jumlah yang tepat, bukan berlebihan.

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker